kehamilan

Cerita 6 Bunda Seleb Alami Masalah Air Ketuban Saat Melahirkan

Muhayati Faridatun Kamis, 18 Jul 2019 07:00 WIB
Cerita 6 Bunda Seleb Alami Masalah Air Ketuban Saat Melahirkan
Jakarta - Masalah air ketuban kerap dialami ibu hamil terutama mendekati waktu persalinan. Seperti yang terjadi pada beberapa bunda seleb berikut ini.

Sebagian dari mereka harus bersalin lebih cepat dari perkiraan lantaran kekurangan air ketuban. Dijelaskan dr.Kanadi Sumapraja, Sp.OG(K), M.Sc, air ketuban bisa berkurang karena beberapa hal. Kalau ketuban pecah, kata Kanadi, kemungkinan besar ketuban akan kering.

"Tanda ketuban pecah bisa dirasakan. Seperti ada cairan di pakaian dalam dan terasa basah tapi bukan karena berkemih. Kalau kayak gini tentu Bunda harus waspada," terang dokter yang praktik di RS Royal Progress, Jakarta.

Kanadi pun mengingatkan, kalau sampai ketuban kering tapi enggak pecah, harus waspada karena bisa saja ada kelainan pada janin. Misalnya kelainan bawaan di saluran kemih.

Biasanya, saat pemeriksaan ultrasonografi (USG), dokter akan memeriksa apakah kantong kemih janin berisi urine atau enggak. Kalau kosong, dikatakan Kanadi, berarti ada masalah sama saluran kencing janin.

Dijelaskan juga dalam ulasan di Baby Centre, kadar cairan ketuban rendah bisa menyebabkan masalah pada pertumbuhan janin, juga perkembangan paru-parunya.

Bahkan, jika kadar air ketuban rendah selama trimester pertama hingga awal trimester kedua, kemungkinan besar terjadi keguguran. Dalam kasus paling serius, kekurangan air ketuban juga berakibat kematian bayi setelah 24 minggu dilahirkan.

Lantas, siapa saja ya Bunda seleb yang pernah mengalami masalah air ketuban saat melahirkan? Simak di halaman selanjutnya, Bun.

Bunda lihat juga yuk pengalaman Poppy Sovia ibarat masuk lorong gelap selama kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi