kehamilan

Jadi Pelupa Saat Hamil, Pernah Mengalami Juga, Bun?

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 18 Jan 2018 07:00 WIB
Jadi Pelupa Saat Hamil, Pernah Mengalami Juga, Bun?
Jakarta - Bunda lagi hamil? Jadi gampang lupa nggak sih, Bun? Naruh barang lupa di mana, mau melakukan sesuatu nggak lama kemudian lupa mau ngapain. Duh, repot banget deh.

Kayak yang dialami bunda bernama Alina Tooley nih, Bun. Dia sampai kewalahan gara-gara lupa di mana memarkir mobilnya. Bahkan, Alina sampai nangis lho di pusat perbelanjaan.

"Kalau ingat masa-masa itu, konyol sekali. Saya jadi pengen tertawa. Bahkan saat saya menemukan area parkir mobil saya, saya benar-benar nggak punya ingatan tentang itu," kata wanita berusia 42 tahun ini. Pernah mengalami hal serupa kayak Alina, Bun?


Fenomena jadi pelupa saat hamil sering disebut dengan istilah baby brain. Kondisi ini sering disebut mitos tapi studi terakhir dari Deakin University melihat 20 studi yang terdiri dari 709 ibu hamil dan 521 ibu yang nggak hamil. Studi ini dipimpin oleh kandidat PhD Sasha Davies.

Sasha dan tim menemukan kalau ada penurunan signifikan pada fungsi kognitif, memori, dan fungsi eksekutif seperti multitasking pada ibu hamil, terutama di tiga bulan terakhir kehamilannya. Peneliti lain, Linda Byrne bilang wanita bisa jadi gampang lupa saat hamil dan paling sering mereka lupa ketika punya janji.

"Jadi pelupa bisa disadari oleh si ibu hamil atau orang di dekatnya. Beberapa ibu bahkan sampai harus menulis catatan supaya mereka nggak lupa. Tapi kadang kondisi ini bisa membuat orang lain nggak nyaman misalkan terkait pekerjaan," kata Linda dikutip dari Essential Baby.

Walaupun begitu, kata Linda bisa jadi ada ibu hamil yang nggak berubah pelupa, Bun. Ini tergantung dari kondisi masing-masing orang. Tapi, baby brain nggak perlu dikhawatirkan karena kata Linda ini bisa jadi kondisi alami untuk tubuh menyiapkan diri menyongsong kehidupan baru sebagai ibu.

Dikutip dari Baby Brain Research, peneliti Deakin University juga akan mengamati apakah kemampuan kognitif ibu hamil bakal kembali normal setelah melahirkan. Rencananya, tim peneliti juga bakal melihat gimana pengaruh baby brain pada keseharian ibu hamil.

Untuk studi ini, Departemen Psikologi Deakin University juga lagi merekrut ibu hamil di trimester pertama atau calon ibu yang sedang merencanakan kehamilan.
(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi