kehamilan

5 Cara Atasi Insomia Saat Hamil

Asri Ediyati Senin, 02 Apr 2018 20:01 WIB
5 Cara Atasi Insomia Saat Hamil
Jakarta - Ketika hamil, ada banyak hal yang mungkin sudah kita siapkan untuk mengatasi perubahan tubuh selama kehamilan. Seperti minyak untuk stretch mark, celana hamil [https://www.haibunda.com/kehamilan/d-3691531/minus-mata-tinggi-ibu-hamil-nggak-boleh-melahirkan-normal], ukuran bra yang lebih besar. Namun, ada yang suka terlupa nih. Ibu hamil kadang nggak bisa mengantisipasi insomnia.

Ya, insomnia adalah salah satu yang sering dikeluhkan ibu hamil. Kadang bisa sangat mengganggu karena jadi bikin nggak tahu lagi deh apa yang harus dilakukan agar segera terlelap ketika semua orang sudah tidur.

Berikut ini telah HaiBunda rangkum dari beberapa sumber tentang tips mengatasi insomnia saat hamil. Disimak ya, Bun.

1. Jalan Kaki 30 Menit Sehari


Sebagai bagian dari persiapan untuk kelahiran, penting lho berjalan selama 30 menit sehari dan tetap aktif. Itu membuat semua sendi kita bekerja dan janin berada dalam posisi yang baik. Saat sendi lebih rileks dan janin dalam posisi yang baik, ibu akan merasa lebih nyaman saat tidur.

2. Berlatih Yoga 30 Menit Sebelum Tidur

Yoga adalah salah satu cara untuk membuat ibu hamil merasa rileks. Apalagi jika dilakukan setiap malam sebelum tidur. Yoga kehamilan juga memiliki manfaat luar biasa untuk sistem saraf yang serupa dengan 2-3 jam tidur.



3. Menikmati Waktu Mandi

Kita semua tahu mandi, terutama berendam di bak mandi atau di bawah pancuran air hanga,t bisa menenangkan. Saat hamil [https://www.haibunda.com/mom-life/d-3595132/saat-bunda-lihat-foto-hamil-dan-pasca-melahirkan-di-medsos-apa-yang-dirasa], mandi yang menenangkan ini bisa dilakukan sebagai kegiatan rutin di malam hari dan terbukti membantu bikin ibu hamil rileks. Nggak ada salahnya juga untuk menambahkan wewangian atau garam mandi ke dalam bak mandi.

4. Gunakan Lampu Salt Rock

5 Cara Atasi Insomia Saat HamilLampu Salt Rock/ Foto: Thinkstock


Lampu salt rock Himalaya ini bukan semabrangan lampu, Bun. Lampu ini terbuat dari garam dan bisa menyerap air, partikel dari udara dan juga mengambil ion positif. Ketika dipanaskan, garam melepaskan uap air yang bisa membersihkan udara, sehingga bisa menjaga paru-paru tetap bersih. Jika pernapasan ibu hamil nyaman, tentu ia nggak akan sering terbangun saat tidur.

5. Meditasi dengan Cerita Tidur

Ada juga nih cara meditasi dengan membaca cerita anak-anak supaya cepat mengantuk, Bun. Ada ibu yang membagikan pengalamannya saat hamil [https://www.haibunda.com/kehamilan/d-3596696/perubahan-yang-paling-menyenangkan-saat-hamil], ia seringkali membaca buku cerita anak-anak. Nggak lam,a sekitar 15 menit kemudian, ia bisa tertidur. Ia bilang membaca buku cerita bisa memaksa otak untuk fokus pada sesuatu sehingga kita mudah mengantuk.

(aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi