sign up SIGN UP search


kehamilan

Muntah dan BAB, Hal Lumrah yang Sering Terjadi Saat Melahirkan

Melly Febrida Kamis, 10 May 2018 17:15 WIB
Kadang nggak disadari, tapi lumrah terjadi. caption
Dublin - Bunda yang sudah pernah melahirkan tentu tahu persis seperti apa pengalaman selama melahirkan. Tapi sering kali kaum ibu nggak sadar apa yang terjadi selama persalinan.

Seorang doula di Dublin, Krysia Lynch, bercerita pengalaman yang sebenarnya wajar namun nggak banyak diketahui saat melahirkan, yakni buang air besar dan muntah-muntah.

"Jelas buang kotoran saat kelahiran adalah wajar, itu akan terjadi dan alasan yang paling mungkin adalah benar-benar fisiologis," kata Krysia seperti dilansir RSVP Live.


Bunda nggak usah berpikir hal itu memalukan atau nggak sopan. Karena apa yang terjadi selama persalinan sering kali sulit dikendalikan.



Mungkin tampak memalukan ketika dalam proses melahirkan juga keluar kotoran di meja persalinan. Tetapi para dokter dan staf yang membantu proses persalinan telah menghadapi hal ini berulang kali, sehingga kalau kita mengalami ini, tidak perlu malu.

Bius epidural kadang juga menyebabkan ibu merasa mual dan muntah saat melahirkan. Krysia juga bilang, ketika kepala bayi di saluran vagina, hal itu memberikan tekanan ekstrem ke tubuh yang menyebabkan tubuh bereaksi dengan cara BAB atau muntah, Bun.

"Ketika bayi bergerak turun untuk dilahirkan, ia menekan yang lainnya," terang Krysia.

Sebenarnya, kata Krysia, ketika orang mengatakan 'oh saya pikir saya akan BAB', Bunda harus sangat bahagia karena itu berarti sebentar lagi bayi akan lahir.

"Kita sering mengatakan dua tanda yang benar-benar positif adalah buang kotoran dan muntah," sambungnya.



Selain BAB dan muntah, pengalaman lain saat melahirkan adalah robekan lebih banyak karena peregangan vagina. Nggak cuma itu, Bun, anyak wanita berpikir perut saja yang bisa mengalami stretch mark, padahal hal itu juga dapat terjadi pada vagina.

Kata dr Andriana Kumala Dewi dari RS Bethsaida, Tangerang, mengejan yang benar itu kayak kita sedang BAB. Nah saat bersalin itu memang ada perasaan ingin BAB karena ada saraf di bawah yang saat kepala bayi menurun dan mengenai saraf tersebut dan timbul rasa ingin BAB.

"Tapi ibu jangan mengangkat pantat saat melahirkan ya karena jika mengejan sambil mengangkat pantat dikhawatirkan luka robekan akan lebih luas," kata dr Andriana dilansir detikHealth. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi