kehamilan

10 Momen Paling Tak Terlupakan Saat Bunda Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 03 Nov 2017 - 07.07 WIB
10 Momen Paling Tak Terlupakan Saat Bunda Melahirkan/ Foto: Thinkstock 10 Momen Paling Tak Terlupakan Saat Bunda Melahirkan/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Proses melahirkan si kecil bisa jadi momen penuh perjuangan dan nggak terlupakan buat seorang bunda. Ya, rasa sakit, deg-degan, khawatir, takut terjadi apa-apa sama kita dan bayi bisa dialami bunda sejak kontraksi mulai terasa. Tapi, ketika akhirnya si kecil lahir ke dunia, segalanya seperti 'terbayar' dengan kebahagiaan ya, Bun.

Buat masing-masing bunda, melahirkan bisa meninggalkan kenangan tersendiri. Walaupun, bagaimana proses kita melahirkan kadang bisa jadi bahan omongan. Namun, menurut psikolog keluarga dari Tiga Generasi Anna Surti Ariani atau Nina, masing-masing ibu bisa berusaha legowo dengan mensugesti diri bahwa tiap anak lahir ke dunia dengan caranya masing-masing.

"Anggaplah kita sebagai perantara lahirnya anak ke dunia. Jadi apapun yang kita alami, anggaplah itu memang cara buat anak kita lahir ke dunia dan itu sudah diatur oleh Tuhan," ujar Nina.

Bicara kenangan saat melahirkan, ini dia sepuluh momen saat melahirkan yang paling nggak terlupakan buat seorang bunda seperti dibagikan sahabat HaiBunda di Instagram @haibundacom. Yuk simak.



1. Ada Suami di Sampingku

"Suami selalu ada di sampingku. Rela bajunya molor karena ditarik, rambutnya dijambak, tangannya kecakar, keprekes-prekes. Bener-bener ngelihat pas kepala bayi keliatan dan memperhatiin saat dijahit. Suami ninggalin aku cuma buat salat, makan, atau ke kamar kecil." (@ichajayanty)

2. Cuma Dibantu Bidan dan Suami
"Lahiran cuma dibantu bidan dan suami. Malah suami yang bantu dorong perut dari atas." (@diana_h_n)

Ilustrasi melahirkanIlustrasi melahirkan/ Foto: Thinkstock


3. Lagi Sakit-sakitnya, Dinyinyirin
"Lagi sakit-sakitnya kena gelombang cinta eh dinyinyirin sama orang terdekat dan itu rasanya langsung nge-drop shay plus bikin trauma. Alhasil persalinan kedua diem-dieman biar nggak ada yang nyinyir karena menjaga pikiran dan hati biar tetep happy." (@yopitha_riyandini)

4. Didampingi Ibu
"Kondisi lagi LDR sama suami, selama proses kontraksi yang nemenin ibu. Tangan yang aku remes-remes ya tangannya ibu, nggak mau lepas pokoknya dari ibu. Eh, ternyata si adek nungguin ayahnya dateng." (@deafe9411)

5. Lagi LDR Sama Suami
"Kontraksi nggak stabil jadi harus diinduksi yang sakitnya nggak bisa diomongin pake kata-kata dan nggak ditungguin suami karena LDR. Hu-hu-hu." (@diekanov)



6. Tali Ari-ari Putus
"Ketuban rembes tapi masih sempat jalan-jalan. Konsul ke bidan, lagi nggak di tempat. Pindah bidan, nggak boleh pulang, dikasih pil kecil di bawah lidah. Huaaa, mulesnya uedaan. Plus kejadian tali ari-ari putus sebelum bayi atau ari-arinya keluar. Cuma ada bidan, aku dan suami alhasil 'dikodoklah'. Alhamdulillah bisa diambil juga tuh ari-ari yang ketinggalan." (@dianeka_omicasha)

7. Saat Lihat Bayiku
"Ketika melihat pertama kali baby yang merah dan masih menangis." (@dinifahma)

8. Alami 'Kembar Darah'
"Ngalamin yang kata orang 'kembar darah'. Tiap ngerasain mules ngucurlah itu darah. Masih terngiang bunyi 'krek' pas digunting karena udah lemas kebanyakan ngeluarin darah jadi nggak kuat ngejan. Dan akhirnya, pecah suara tangis mamas bikin suasana makin dramatis haru bahagia." (@veraacyn)

Ilustrasi melahirkanIlustrasi melahirkan /Foto: Thinkstock


9. Dimasakin dan Dansa Sama Suami
"Saat kontraksi masih sempat dimasakin sama suami sebelum berangkat ke RS. Eh, ternyata udah bukaan 7. Saat kontraksi sempat juga dansa sama suami." (@tmargaretha)

10. Pelukan Sama Suami Tapi Nyatanya...

"Saat kontraksi (bukaan 2) disuruh goyang goyang di gymball. Ya ampun rasanya nikmat banget. Disuruh pelukan sama suami, lampu dimatiin, biar romantis kali ya. Nyatanya, mules banget, pengen tiduran." (@ayudurotul)

Nah, dari 10 momen saat melahirkan tersebut, mana yang juga Bunda alami? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi