kehamilan

Cerita Eva Longoria Diperlakukan Bak Ratu oleh Suami Saat Hamil

Asri Ediyati Jumat, 11 May 2018 15:01 WIB
Cerita Eva Longoria Diperlakukan Bak Ratu oleh Suami Saat Hamil
Los Angeles, California - Kita semua tahu, seorang ibu hamil butuh perhatian lebih dari sang suami dan dukungan dari keluarganya. Lebih lagi jika kehamilannya itu adalah yang pertama. Seperti aktris Hollywood Eva Longoria nih. Eva bercerita bagaimana dia didukung suaminya, Jose Baston saat hamil.

"Oh, dia luar biasa. Dia selalu memijat saya dan memberi saya makan, jadi itu dua hal yang sangat saya sukai," kata Eva Longoria dikutip dari US Magazine.

Alumni Desperate Housewives itu kini sedang hamil trimester ketiganya. Ia juga mengungkapkan bahwa dia bersemangat untuk melahirkan dan nggak gugup.
Meskipun sudah mempersiapkan mentalnya dengan baik, Eva juga bilang bahwa ada satu hal yang membuatnya frustrasi dari kehamilannya yakni nggak bisa terlalu lama berdiri.


Hampir sepekan yang lalu, Eva Longoria juga berbahagia karena melakukan baby shower untuk calon bayinya. Baby shower tersebut turut mengundang kerabat dekatnya seperti Melanie Griffith, Sophia Bush, Elizabeth Banks, dan Roselyn Sanchez.

Soal kondisi ibu selama hamil, memang dukungan suami itu sangat berarti bagi sang istri karena pasti dalam keadaan hamil mood seorang wanita gampang banget berubah. Psikolog klinis dewasa, Pustika Rucita, juga memberikan saran dalam menghadapi perubahan mood pasangan. Salah satunya dengan melihat dan observasi perubahan mood istri kemudian kenali pula karakter pasangan.



"Kalau udah lama menikah harusnya sih bisa mengenali karakter pasangan, apa yang biasa dilakukan. Coba lebih kenali hal yang disukai pasangan sehingga membuat istri lebih rileks, misal suka nonton, nah suka nonton apa dan sebagainya. Sediakan mata, telinga dan pikiran untuk istri dan tunjukkan pula secara verbal misal, 'Ehm gitu..iya aku ngerti'. Istri itu kadang sadar lho kalau suami pikirannya ke mana-mana," papar psikolog yang akrab disapa Cita ini.

Jangan lupa tunjukkan juga gestur non verbal seperti mencium, memeluk serta tidak menghakimi. Lalu, coba untuk active listening dan menormalisasi keadaan. Soalnya, ketika suami nggak merespons dengan tepat apa yang dialami istri bukan nggak mungkin istri makin 'panas' karena dengar kalimat yang nggak mengenakkan. Alhasil, suami pun ikut-ikutan 'panas'

"Coba tunjukkan dukungan dan kasih sayang mulai dari hal-hal basic seperti konsultasi ke dokter, tanya istri apa aja yang dibutuhkan dalam masa persiapan kehamilan, ingetin istri soal makan minum atau membantu mengerjakan tanggung jawab rumah tangga bersama-sama," papar psikolog dari Tiga Generasi ini.

Cita juga menegaskan bahwa saling mendukung dan menemani adalah hal dasar yang suami bisa lakukan untuk istri, Bun. Misal nih, ketika kontrol ke dokter akan lebih baik jika pergi bersama-sama. Kalau ke dokter sendiri kadang suka ada missing part atau informasi yang hilang yang nggak didapat salah satu pihak karena kadang kan ketika konsul ada hasil yang suami perlu tahu.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi