kehamilan

9 Faktor Risiko Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

Asri Ediyati Jumat, 26 Oct 2018 12:34 WIB
9 Faktor Risiko Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil
Jakarta - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan satu dari 10 wanita mengidap diabetes. Penyebab kematian tertinggi nomor 9 adalah diabetes. Diabetes bisa dialami seorang wanita baik sebelum maupun saat hamil. Akan tetapi sebutannya berbeda.

Menurut dr Wismandari Sp PD-KEMD dari Rumah Sakit Pondok Indah, diabetes yang dialami wanita sebelum hamil adalah diabetes pre gestasional dan yang dialami pada saat hamil adalah diabetes gestasional.

"Biasanya diabetes gestasional pertama kali muncul atau dikenali saat usia kehamilam 24-28 minggu ke atad. Karena itu penting untuk memeriksa gula darah sebelum kehamilan," ujar dr Wisma di acara Small Group Media Discussion RSPI 'Diabetes dan Kehamilan' di Restoran Aromanis Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (25/10/2018).


9 Faktor Risiko Diabetes Gestasional pada Ibu HamilFaktor Risiko Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil/ Foto: thinkstock




Kata dr Wisma, jika sudah dilakukan pemeriksaan (dimulai dengan puasa) dan gula ibu hamil di atas 95 mg/dL maka dinyatakan diabetes gestasional. Peningkatan hormon-hormon saat kehamilan membuat insulin nggak bisa bekerja dengan baik.

"Akibatnya gula dalam darah akan meningkat. Sensitivitas insulin menurun 45-70 persen dibanding saat nggak hamil," ujar dr Wisma.

Lalu, apa saja faktor risiko diabetes gestasional pada ibu hamil? dr Wisma menuturkan, ada 9 faktor risiko yang bisa menyebabkan ibu mengalami diabetes gestasional.

1. Usia hamil yang lebih tua. Usia ibu saat hamil pertama di atas 30 tahun.
2. Kegemukan.
3. Kenaikan berat badan berlebih pada saat hamil.
4. Riwayat diabetes mellitus di keluarga.
5. Riwayat diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya.
6. Riwayat stillbirth.
7. Riwayat melahirkan bayi dengan kelainan kongenital.
8. Glukosuria, kadar gula darah berlebih dalam urin saat hamil.
9. Riwayat melahirkan bayi besar, di atas 4.000 gram.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi