kehamilan

Tips Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil

Safira Raudhatul Minggu, 04 Nov 2018 07:05 WIB
Tips Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil
Jakarta - Bunda apakah pernah mengalami morning sickness atau mual-mual saat hamil? Morning sickness adalah gejala umum kehamilan awal dan umumnya akan hilang hingga tiga bulan pertama. Morning sickness karena adanya perubahan hormon selama kehamilan.

"Morning sickness ditandai dengan mual dan muntah. Ciri-ciri morning sickness yaitu dehidrasi, berat badan turun dan ketidakseimbangan elektrolit," kata Robin Elise Weiss, PhD, konselor laktasi, dikutip Very Well Family.

Jika ibu hamil mengalami morning sickness, Robin menyarankan jangan menyetir kendaraan sendiri. Nah, jika Bunda hendak berpergian persiapkan bekal seperti air putih yang bisa membantu menenangkan perut dan mencegah dehidrasi.




Kedua, sebelum Bunda berangkat jangan lupa untuk membuka jendela dan menghirup udara segar di pagi hari. Hal ini dapat membantu Bunda agar lebih tenang. Ketiga, persiapkan kantong plastik sebagai wadah jika ingin muntah dan sulit menjangkau wastafel atau kamar mandi. Tapi, kalau terpaksa menyetir sendiri dan Bunda mual, segera tepikan kendaraan dan istirahat sejenak sampai mual hilang.

Ilustrasi morning sicknessIlustrasi morning sickness/ Foto: iStock
"Jika merasa mual saat di kantor, ibu bisa mencoba makan biskuit asin, permen jahe atau es buah segar. Saat sedang luang, usahakan jalan-jalan di pagi hari untuk menghirup udara segar untuk membantu mengurangi rasa mual." kata Robin.

Tapi, kadang kala di awal kehamilan memang morning sickness sulit dihindari ya, Bun. Nah, dilansir Pregnancy Birth Baby, sebisa mungkin sediakan sikat gigi, pasta gigi dan obat kumur. Setelah muntah, Bunda bisa menggosok gigi atau pakai obat kumur untuk mengurangi rasa mual dan bau mulut akibat muntah.

Handuk atau tisu wajah untuk membersihkan dan semprotan aromaterapi alami seperti peppermint atau lavender juga bisa dipakai ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness untuk memperbaiki mood.

Adapun makanan yang perlu dibatasi untuk mengurangi rasa mual saat morning sickness yaitu makanan yang pedas, berlemak dan goreng-gorengan. Jauhi makanan yang memiliki aroma menyengat yang dapat memancing rasa mual.

Disarankan, Bunda makan biskuit di pagi hari jika merasa enek bila makan nasi. Lalu, sebelum tidur di malam hari coba konsumsi buah segar serta biskuit dengan keju atau yoghurt. Untuk minuman, selain air putih nggak ada salahnya jika Bunda minum teh peppermint atau teh jahe.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi