kehamilan

Cara Sederhana Atasi Mual Muntah Saat Hamil

Yuni Ayu Amida Kamis, 01 Aug 2019 06:55 WIB
Cara Sederhana Atasi Mual Muntah Saat Hamil
Jakarta - Biasanya, ibu hamil sering mengalami mual muntah, terutama di awal masa kehamilan. Nah, tentu hal ini rasanya sangat mengganggu ya, Bun.

Dijelaskan Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dr. dr.Ali Sungkar, Sp.OG(K), penyebab mual muntah semasa kehamilan itu banyak faktornya. Tapi ternyata, tidak semua ibu hamil mengalami mual muntah kok, Bun.

"Mual muntah kan enggak semuanya mengalami. Enggak semua mengalami mual muntah," tegas Ali, saat ngobrol dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.




Kata Ali, mual muntah dalam kehamilan sering muncul itu salah satunya karena pengaruh hormon kehamilan. Hormon ini menyebabkan pergerakan pada usus.

"Dia sebenarnya minta rahimnya tenang, karena rahimnya tenang enggak bisa rahim doang, otot itu yang mempengaruhi salah satunya adalah saluran cerna, pengosongan lambungnya telat, sehingga coba perhatikan orang mual muntah dalam kehamilan munculnya pagi itu yang disebut morning sickness," tutur Ali.

[Gambas:Instagram]



Itu sebabnya, Ali menyarankan salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi mual muntah saat hamil adalah dengan mengatur jadwal dan porsi makan. Jadi lambung tidak dibiarkan kosong.

"Porsi makannya sedikit-sedikit tapi sering, lambungnya tidak dibiarkan kosong. Jadi, kalau dia makan jam 7, nanti jam 11 makan lagi, jam 1 makan lagi, sorenya makan lagi," jelasnya.

Kata Ali, terjadinya morning sickness adalah karena pada malam hari menuju pagi perut kosong. Akibatnya, perut diisi oleh gas, yang pada akhirnya menyebabkan usus jadi tidak stabil.

"Orang mual muntah biasanya pagi. Kenapa? Karena jam 10 malam sampai pagi dia enggak makan, kosong, yang mengisi adalah gas, mau masuk air atau apa dia akan mual muntah," terangnya.

Selain itu, untuk atasi mual muntah, Ali menganjurkan ibu hamil mengonsumsi jahe. Khasiat jahe ini bisa mengurangi rasa mual, aromanya pun bisa membuat tenang.

"Yang paling saya anjurkan adalah obat belakangan, di Amerika juga pilihan pertama adalah ginger, ginger tuh jahe, kita punya jahe, bikin wedang bisa," tuturnya.

Simak pula video soal ragam manfaat teh untuk ibu hamil ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi