kehamilan

5 Manfaat Konsumsi Serat untuk Ibu Hamil

Siti Hafadzoh Rabu, 07 Nov 2018 07:03 WIB
5 Manfaat Konsumsi Serat untuk Ibu Hamil
Jakarta - Kalau mau sehat selama hamil, jangan lupa konsumsi banyak serat ya, Bun. Serat bisa didapatkan dari berbagai makanan, seperti sayur-sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Bunda perlu tahu nih. Serat nggak cuma baik untuk pencernaan tetapi juga untuk darah kita lho, Bun. Dilansir Mom Junction, serat berperan penting dalam kesehatan pencernaan. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi serat selama kehamilan.

1. Mengontrol kenaikan berat badan


Makanan yang kaya serat akan membuat kenyang lebih lama, mencegah asupan kalori berlebih, dan menjaga kenaikan berat badan saat hamil. Penelitian di US National Institute of Health menunjukkan orang yang mengonsumsi banyak serat cenderung makan 10 persen lebih sedikit kalori.

2. Mencegah sembelit

Mengonsumsi serat dapat membantu mencegah sembelit, Bun, yang jadi keluhan umum pada ibu hamil. Nah, dengan mengonsumsi serat, sistem pencernaan lebih lancar sehingga feses dapat keluar dengan lebih mudah.



3. Mengatur kadar gula darah

Makan cukup serat akan memperlambat penyerapan makanan. Sehingga, dapat mencegah kadar gula darah meningkat dengan cepat.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Serat larut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengikatkan asam empedu yang kaya kolesterol di saluran pencernaan. Oleh karena itu, serat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Ilustrasi ibu hamil konsumsi seratIlustrasi ibu hamil konsumsi serat/ Foto: iStock
5. Mengurangi risiko preeklampsia

Konsumsi serat dapat mengurangi risiko Bunda terkena darah tinggi. Otomatis serat juga bisa mengurangi risiko preeklampsia pada ibu hamil.

Kalau bisa, Bunda mengonsumsi serat nggak cuma dari sayuran atau buah, tapi dikombinasikan. Dikutip dari detikcom, orang yang mengonsumsi serat makanan dari varian yang beragam memiliki keuntungan lebih, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi serat hanya dari satu sumber saja lho, Bun.

Jadi, Bunda harus mengonsumsi serat secara variatif. Misalnya, mengonsumsi roti gandung, yoghurt, atau sereal. Dengan begini, Bunda akan mendapatkan manfaat serat yang lebih lengkap dibandingkan hanya mengonsumsi satu jenis serat.

"Kombinasi alami dari berbagai jenis serat ini akan meningkatkan manfaat kesehatannya," ujar Julie Miller Jones, dari St Catherine University.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi