Sign Up search

kehamilan

4 Kondisi yang Dipercaya Jadi Tanda Bunda Hamil Anak Laki-laki

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 20 Dec 2018 19:57 WIB
4 Kondisi yang Dipercaya Jadi Tanda Bunda Hamil Anak Laki-laki
Jakarta - Kabar positif hamil pastinya bikin pasangan suami istri happy banget nih. Terlebih, jika Ayah dan Bunda sudah menanti-nanti apakah kelak si kecil berjenis kelamim perempuan atau laki-laki. Dalam keseharian sering ditemui tanda yang dipercaya ibu hamil anak laki-laki atau perempuan.

Bicara untuk menentukan jenis kelamin bayi, biasanya pasangan melakukan tes USG (ultrasonografi) untuk menentukan jenis kelamin bayi. dr Sita Ayu Arumi, SpOG, dari RSU Bunda Jakarta menuturkan, cek USG bisa dilakukan sejak awal kehamilan, yaitu usia kandungan 4 - 5 minggu untuk mendeteksi kantong kehamilan, yang kemudian diikuti dengan melihat perkembangan janin.

"Di usia kandungan 5 - 7 minggu terlihat fetus dan dapat diukur panjang fetus serta detak jantungnya. Di usia 12 minggu, kita bisa melihat janin secara utuh termasuk melihat kepala, kaki dan tangannya," ujar Sita, seperti dilansir detikcom.


Ketika berusia 16 minggu, ari-ari sudah mulai terbentuk sempurna, janin pun terlihat lebih jelas, dan terkadang jenis kelamin sudah terlihat. "Tapi tergantung posisi janin, apabila menutupi kelamin, tentu tak terlihat," Sita menambahkan.

Dalam keseharian, ada empat kondisi yang dipercaya jadi tanda hamil anak laki-laki nih, Bun. Cek halaman selanjutnya ya.

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil/ Foto: thinkstock
1. Morning sickness parah

Studi yang dipublikasi The Lancet menunjukkan, morning sickness yang nggak terlalu parah umumnya dipercaya jadi tanda ibu hamil bayi laki-laki. Meskipun, perubahan hormonal turut menegaruhi kondisi ibu hamil ya, Bun. Demikian dilansir Healthline.

2. Kulit ibu hamil bersinar

Biasanya, ibu dipercaya hamil anak laki-laki kalau kulitnya bersinar. Sebaliknya, kalau bayi yang dikandung ibu perempuan, kondisi kulit si kecil lebih kusam. Ada yang mengiyakan pendapat ini, ada juga yang nggak. Hal terpenting, tetap jaga kebersihan kulit Bunda ya.

3. Ngidam makanan asin

Ibu yang hamil anak laki-laki dipercaya cenderung ngidam makanan asin dan asam. Tapi, belum ada bukti ilmiah untuk itu. Justru, ngidam makanan tertentu disebut berkaitan dengan nutrisi yang Bunda asup selama hamil. Termasuk adakah kekurangan zat tertentu yang Bunda alami saat ngidam.

4. Detak jantung lebih lambat

Salah satu kondisi yang dipercaya jadi tanda ibu hamil anak laki-laki adalah detak jantung yang lebih lambat, di bawah 140 per menit. Meskipun, studi dari Fetal Diagnosis and Therapy menyebutkan, di awal kehamilan beda detak jantung bayi nggak terlalu signifikan, baik saat ibu hamil anak laki-laki atau perempuan.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi