sign up SIGN UP search


kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Zika Zakiya Sabtu, 29 Dec 2018 07:55 WIB
Pertanyaan soal ibu hamil makan durian menjadi salah satu isu besar yang sering ditanyakan. Simak bersama fakta dan jawabannya, Bun! caption
Jakarta -

Ibu hamil makan durian menjadi sebuah pertanyaan besar bagi para pembaca HaiBunda. Sebab, ibu hamil memang harus menjaga dengan baik kandungannya. Sedangkan duren, nama lain durian, dirumorkan sebagai buah yang membahayakan bagi janin.


Namun, benarkah demikian? Menurut dr Liva Wijaya, SpOG, ibu hamil ternyata boleh kok makan durian. "Tidak ada penelitian yang menunjukkan ada efek negatif memakan durian saat hamil. Selain itu, durian mengandung serat tinggi dan vitamin B, serta sumber zat besi, mangan, copper, dan nutrisi lainnya," ujar Liva pada HaiBunda.com, Jumat (28/12/2018).

Ilustrasi durianIlustrasi durian Foto: Istimewa

Ditambahkan oleh Liva bahwa di Asia Tenggara, banyak kepercayaan yang menyatakan bahwa durian berbahaya untuk bayi karena bisa memabukkan. Padahal, durian dikatakan bisa menjadi bahan laksatif atau mempermudah buang air besar.

"Di berbagai literatur tidak pernah disebutkan bahwa durian mengandung alkohol. Biasanya yang dirasakan pahit atau bau yang menyengat karena disebabkan kandungan antioksidan berupa organo sulphur dan triptofan," ujar dokter yang biasa praktik di Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta.


Namun karena durian mengandung kalori yang cukup tinggi dan memiliki indeks glikemik yang tinggi, perlu batasan saat Bunda hamil memakannya. Apalagi, buat Bunda yang punya sejarah diabetes.

Nah, untuk jumlah duren yang boleh dimakan adalah dua buah. "Kurang lebih 2 buah, ukuran medium durian mengandung 60 - 100 kalori. Sedangkan kebutuhan tambahan kalori ibu hamil sehari kurang lebih 300-500kal/hari tergantung usia kehamilan," papar Liva.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi