sign up SIGN UP search


kehamilan

Aturan Makan Durian untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui Bunda

Haikal Luthfi Selasa, 30 Jun 2020 12:25 WIB
Pregnant woman caption
Jakarta -

Kehamilan merupakan periode penting bagi Bunda dan bayi dalam kandungan, sehingga asupan gizi dan kesehatan ibu hamil perlu diperhatikan. Salah satu asupan yang diperlukan adalah nutrisi dari buah.

Buah menyimpan banyak nutrisi penting untuk tubuh. Pada ibu hamil, mengonsumsi buah dapat membantu menjaga kesehatan janin. Namun, tidak semua buah dianjurkan untuk ibu hamil. Untuk mengonsumsinya harus dibatasi, salah satunya buah durian.

Mengutip buku 'Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran Terlarang bagi Ibu Hamil', disebutkan bahwa durian memiliki kandungan sejenis alkohol yang dapat menyebabkan perut terasa panas, sehingga berpotensi menimbulkan keguguran, Bunda. Selain senyawa sejenis alkohol, dalam durian terdapat juga asam arachidonat.


Toko Durian di SingapuraBuah durian/ Foto: Dok. Tan Kok Siong/Samuel Chen

Asam arachidonat merupakan senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim atau kelahiran dini, sehingga ini tidak dianjurkan untuk kehamilan trimester pertama.

Kendati demikian, buku tersebut menjelaskan bahwa durian sebenarnya boleh dikonsumsi ibu hamil. Durian mengandung beberapa nilai gizi seperti protein, vitamin dan asam folat.

Namun ada syaratnya Bunda, yakni buah tersebut dalam keadaannya segar, bersih dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, kondisi kesehatan ibu hamil juga baik. Dilansir dari laman Styles at Life, mengonsumsi durian bergantung pada kondisi kesehatan dan metabolisme secara menyeluruh. Karena itu, sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba makan durian saat hamil, ya Bunda. Ini demi kesehatan Bunda dan janin dalam kandungan.

Simak juga Bunda, ciri hamil dilihat dari perubahan kulit pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi