sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Simak Cara Aman Meredakan Sakit Kepala Selama Kehamilan

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 30 Dec 2018 06:59 WIB
Ibu hamil nggak boleh minum obat sembarangan. Saat sakit kepala, coba yuk redakan dengan cara yang lebih aman berikut ini. caption
Jakarta - Sakit kepala jadi keluhan yang banyak diungkap para ibu selama kehamilan. Menyusul mual dan muntah, sakit kepala rasanya membuat badan semakin nggak karuan kan, Bun? Hal ini biasanya lebih sering dirasakan ibu hamil selama trimester pertama.

Ada beberapa faktor, yang menyebabkan Bunda kerap merasakan sakit kepala selama hamil. Lonjakan hormon dan peningkatan volume darah membuat kepala terasa berdenyut-denyut. Melansir Parents, sebagian besar ibu hamil merasakan seperti ada ikatan ketat di bagian belakang hingga ke leher.

Faktor emosional juga diduga sebagai penyebab utamanya nih, Bun. Namun, jangan abaikan kelelahan fisik seperti mata capai karena kelamaan di depan komputer tuh.


"Kemungkinan besar karena fluktuasi hormon. Pada trimester dua rasanya akan mereda karena hormon-hormonnya terus meninggi," ungkap Sheena Aurora, MD, direktur Headache Center di Seattle, Amerika Serikat.

Namun, sebagian ahli medis mencurigai dehidrasi sebagai penyebab sakit kepala. Nah, Bunda sudah menambah asupan air putih belum selama hamil? Jika urine berwarna gelap dan diikuti dengan pusing berkepanjangan, itu tandanya kurang minum, Bun.


"Rahim membutuhkan banyak darah. Jika mendapat asupan cairan akan menyebabkan lebih banyak tekanan pada bagian tubuh lainnya. Bagi sebagian wanita, itu bisa menyebabkan sakit kepala," terang Dr. Lillian Schapiro, MD, seorang ob-gyn di Atlanta.

Selain kekurangan minum, beberapa makanan seperti cokelat, alkohol, yogurt, keju tua, kacang-kacangan, roti dengan ragi segar, daging yang diawetkan, dan krim asam juga menjadi pemicu rasa sakit kepala.
Bunda, Simak Cara Aman Meredakan Sakit Kepala Selama KehamilanSakit kepala saat hamil/ Foto: iStock
Saat sakit kepala tak juga mereda, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan selama kehamilan. Dikutip dari American Pregnancy, Bunda harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup, melakukan olahraga ringan, pola makanan seimbang, dan memperbaiki postur tubuh agar tidak memperparah rasa sakit.

Bagi ibu hamil yang memiliki sinus, bisa meletakkan kompres hangat di sekitar mata dan hidung. Namun, jika sakit kepala akibat tegang, sebaiknya gunakan kompres dingin di pangkal leher, Bun.

Perhatikan juga kadar gula darah dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil dan sering. Cara itu dapat mencegah sakit kepala jadi bertambah parah. Selanjutnya, Bunda bisa meminta bantuan Ayah untuk memijat bahu dan leher untuk mengurangi sakitnya.

Cara lain yang bisa dicoba yaitu beristirahat dalam ruangan gelap. Serta, melatih pernapasan untuk mengurangi rasa sakit kepala. Terakhir, coba redakan dengan mandi air hangat selama beberapa saat ya.

Selamat mencoba, Bunda!

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi