sign up SIGN UP search


kehamilan

Tangan Sering Sakit dan Kesemutan Saat Hamil? Waspadai CTS, Bunda

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 30 Dec 2018 16:14 WIB
Nyeri dan kebas di bagian tangan, bisa menjadi salah satu ciri ibu hamil mengalami Carpal Tunel Syndrom atau CTS. caption
Jakarta - Saat kehamilan beranjak besar, banyak Bunda yang merasakan perubahan fisiknya. Selain pusing dan kaki bengkak, sebagian ibu hamil mengeluhkan telapak tangan terasa nyeri, kesemutan, dan kebas.

Biasanya, sakit tersebut jauh lebih terasa saat bangaun tidur. Bunda ada yang merasakan hal sama? Waspadai Carpal Tunnel Syndrome (CTS) ya, Bun. Melansir Mayoclinic, CTS merupakan suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa, kesemutan dan gejala lainya di tangan dan lengan. CTS terjadi karena ada saraf-saraf yang terjepit di pergelangan tangan.

Biasanya CTS terjadi karena anatomi pergelangan tangan Bunda nih, tapi ada juga kemungkinan disebabkan karena gerakan yang berulang-ulang. Sehingga menyebabkan kebas dan mati rasa pada tangan ibu hamil.



Gejalanya CTS biasanya terasa secara bertahap lho, Bun. Ibu hamil wajib waspada nih, kalau mulai sering merasakan mati rasa atau kesemutan di ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Sebagai pembeda dengan rasa kesemutan biasanya, CTS tidak akan dirasakan jari kelingking. Bahkan pada sebagian ibu hamil mersakan sensasi seperti sengatan listrik di jari-jarinya.

Selain itu, CTS juga bisa mengakibatkan rasa ketidaknyamanan di pergelangan tangan dan telapak tangan, Bunda. Gejala seperti ini, akan kembali dirasakan saat menyetir, memegang handphone atau buku. Parahnya lagi, rasa sakitnya kadang bisa membangunkan Bunda dari tidur nyenyak.

Tangan Sering Sakit dan Kesemutan Saat Hamil? Waspadai CTS, BundaCarpal Tunnel Syndrome/ Foto: shutterstock

Banyak ibu hamil yang mencoba meredaknnya dengan melakukan gerakan berjabat tangan. Pasalnya, syndrom mati rasa ini akan terasa konstan dari waktu ke waktu. Bagi ibu hamil yang nggak kuat menahan rasa sakitnya, tidak akan mampu memegang benda dan cenderung menjatuhkannya. Sebab, mati rasa menyerang otot jempol ibu jari.

Segera temui dokter jika gejala CTS sudah mengganggu aktivitas normal. Bahkan, membuat Bunda sering terbangun tidur karena nggak kuat menahan sakitnya. Jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan saraf dan otot permanen lho, Bun.

Mengutip detikcom, CTS dapat diatasi dengan pembedahan makro untuk membenahi saraf yang terjepit. Diungkap dr Margareta Arianni SpOT, jika proses bedah makro cukup menggunakan kaca pembesar, untuk mengtahui posisi sarafy yang bermasalah. Prosesnya sendiri disebut dengan istilah carpal tunnel realeas.

"Kapan operasi ini harus dilakukan? Pertama ada rasa sangat nyeri pada tangan dan suka kambuh di malam hari. Jadi lagi enak-enak tidur gitu suka terbangun karena saking nyerinya di tangan ini," jelas dr Margareta.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi