kehamilan

Aturan Konsumsi Sushi bagi Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Senin, 07 Jan 2019 12:57 WIB
Aturan Konsumsi Sushi bagi Ibu Hamil
Jakarta - Ibu hamil bisa ngidam apa saja ya, salah satunya sushi. Hanya saja, kadang ada pertanyaan boleh nggak sih ibu hamil makan sushi? Kalau hendak makan sushi, apa yang mesti diperhatikan ibu hamil?

Kata ahli gizi Sasha Watkins, sebenarnya nggak masalah jika ibu hamil makan sushi. Asal, pastikan sushi yang dikonsumsi berasal dari bahan yang berkualitas. Tapi, kalau ibu hamil mau makan ikan baiknya pilih yang matang ya, Bun. Sekali lagi, jika ingin makan ikan, pilih sushi yang matang.

"Namun, sebisa mungkin pilih ikan yang matang. Segera hentikan konsumsi ikan mentah jika ada reaksi Bunda sakit perut, mual, diare, sakit perut parah, dan nyeri perut parah," ujar Sasha dilansir Baby Centre.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Sasha menyarankan, jika ingin konsumsi ikan mentah termasuk sushi, sekali lagi pilih bahan yang berkualitas. Kemudian, bekukan dulu ikan mentah yang hendak diolah jadi sushi setidaknya 20 menit dan cuci bersih ikan. Tapi jika mau lebih tenang, pilih sushi yang diolah dengan matang.


"Bunda bisa memilih olahan seafood yang matang. Boleh jika sesekali makan sushi atau olahan ikan mentah tapi pastikan beli ikan dari bahan yang jelas dan berkualitas. Banyak pilihan ikan lain yang nggak kalah sedap disantap matang. Termasuk tiram, udang, ikan, atau kepiting," tambah Sasha.

Terlebih, ikan baik banget untuk pertumbuhan otak janin. Mengingat ikan mengandung omega-3 dan asam lemak essensial untuk otak janin. Tapi, kalau Bunda memiliki alergi mesti hati-hati ya. Sementara itu, dr Yuslam Edi Fidianto, SpOG, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, bilang kalau ibu hamil ingin makan sushi atau sashimi, bukan nggak boleh sama sekali.

"Tentunya boleh tapi kita pilih ikannya yang bagus. Terus, pilih restorannya yang jelas ya," ujar dr Yuslam.

dr Yuslam melanjutkan, yang perlu diperhatikan itu baiknya ibu hamil nggak konsumsi makanan yang mentah. Soalnya yang mentah-mentah kan kemungkinan masih ada kuman yang nggak bisa mati.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi