kehamilan

6 Bahan dalam Mi Instan yang Baiknya Dihindari Ibu Hamil

Amelia Sewaka Selasa, 08 Jan 2019 21:12 WIB
6 Bahan dalam Mi Instan yang Baiknya Dihindari Ibu Hamil
Jakarta - Cepat, mudah dibuat, terjangkau dan enak, siapa sih yang tak suka makan mi instan? Bahkan makanan ini tak jarang sering diidamkan saat ibu hamil alias bumil ngidam.

Namun, tak sedikit pula bumil yang takut dengan makanan ini. Meski sering disebut ngidam makanan tersebut, para calon ibu kerap menahan keinginannya karena takut berefek buruk pada bayinya.

"Mi instan sendiri banyak ditakuti oleh kalangan ibu hamil dan tidak hamil karena tingginya kandungan MSG. Padahal MSG sendiri dinyatakan aman oleh FDA. Walaupun beberapa orang mengeluh sensitif terhadap MSG seperti merasa pusing atau nyeri kepala sesudah mengonsumsinya," kata dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, dikutip dari detikcom.
6 Bahan dalam Mi Instan yang Baiknya Dihindari Ibu HamilFoto: Istock
Hingga saat ini belum ada penelitian yang menghubungkan MSG dengan kejadian cacat pada bayi di kandungan. Cuma yang biasanya jadi pertimbangan adalah bila mengonsumsi mi instan dalam jumlah besar dan berkepanjangan maka berimbas pada ketidakseimbangan gizi yang didapat. Akibatnya, ibu bisa kekurangan protein, serat, vitamin, sayur, dan mineral.


Kalaupun ibu hamil terpaksa mengonsumsi mi instan karena ingin sekali, dr Hari menyarankan kurangi porsi bumbu dan tambahkan bahan lain yang menyehatkan seperti sayur, telur, atau daging ayam. Konsumsi dalam batas yang tidak berlebihan, tidak akan mengakibatkan hal-hal yang membahayakan.

"Intinya berbagai jenis makanan boleh dikonsumsi tapi batasi jumlahnya, jangan berlebihan. Prinsipnya, asal tahu rasanya saja. Selama memang bukan hal-hal yang jelas-jelas bahaya ya," pungkas dr Hari.

Nah, berikut enam bahan yang membahayakan dari mi instan untuk ibu hamil. Dilansir Parenting, berikut aturan konsumsi mi instan bagi ibu hamil. Cek bersama ya Bunda.




1. Maida
6 Bahan dalam Mi Instan yang Baiknya Dihindari Ibu HamilFoto: Istock
Maida adalah tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali. Makanan olahan biasanya kehilangan semua nutrisi selama pemrosesan. Maida juga sulit dicerna dan bisa berada dalam sistem pencernaan dalam periode waktu yang lama.

2. Garam

Ditemukan ada hampir 2,5 - 5 gram garam dalam setiap 100 gram mi. Nah, tingkat asupan natrium ini tentunya dapat membuat Bunda rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

3. Pengawet
6 Bahan dalam Mi Instan yang Baiknya Dihindari Ibu HamilFoto: Istock
Mi instan memiliki pewarna buatan dan zat tambahan rasa yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpannya. Dan ini dapat membahayakan bagi pertumbuhan bayi Bunda.

4. MSG

Monosodium Glutamat (MSG) dikenal sebagai bahan umum dalam banyak makanan, terutama camilan gurih. Ini meningkatkan rasa makanan, dan biasanya digunakan dalam jumlah besar dalam mi. MSG juga dapat memperpanjang umur makanan, termasuk mi instan.

Dalam jumlah kecil masih aman mi instan dikonsumsi oleh bumil. Namun, jika sudah dalam jumlah besar bisa berbahaya efeknya pada Bunda dan si bayi.

5. Lemak Trans
6 Bahan dalam Mi Instan yang Baiknya Dihindari Ibu HamilFoto: Istock
Lemak trans biasa ditemukan dalam jumlah besar di makanan olahan, termasuk mi instan. Zat ini dapat membuat kadar kolesterol Bunda meningkat selama kehamilan jika dikonsumsi berlebihan.

6. TBHQ

Tersier Butylhydroquinone atau TBHQ adalah bahan kimia beracun yang digunakan dalam mie instan sebagai pengawet. Ini adalah turunan minyak bumi sintetis yang beracun, dan digunakan dalam cat, kosmetik, dan bahkan pestisida. TBHQ jelas berbahaya bagi kesehatan anak kita, terutama dalam jangka panjang.

Efek samping langsung TBHQ jika dikonsumsi dalam jumlah besar adalah mual, delirium, sesak napas, dan tinitus. Selain itu, zat ini juga menyebabkan sindrom metabolik, yang dapat mengacaukan tekanan darah, menyebabkan obesitas dan bahkan meningkatkan kadar kolesterol jahat. TBHQ juga dapat menyebabkan masalah jantung dan diabetes.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi