kehamilan

5 Jenis Makanan yang Perlu Dikonsumsi agar Cepat Hamil

Zika Zakiya Kamis, 10 Jan 2019 10:08 WIB
5 Jenis Makanan yang Perlu Dikonsumsi agar Cepat Hamil
Jakarta - Bunda sedang mempersiapkan kehamilan? Jika demikian, ada baiknya Bunda mengikuti saran beberapa pakar berikut ini. Menurut dr Anggia M Lubis, SpOG, bagi mereka yang sedang program hamil, baik dengan teknologi berbantu atau tidak, dianjurkan mengonsumsi protein.

"Yang harus ada juga itu lemak. Jadi jangan diet tanpa lemak, karena bahan dasar dari hormon itu lemak," ucap dr Anggia.


Secara umum, ada lima jenis makanan yang bisa Bunda konsumsi agar cepat hamil. Kelima jenis makanan itu antara lain:


1. Susu dan turunannya
Susu diketahui baik untuk mereka yang sedang mencoba hamil. Susu dan turunannya (keju, yoghurt, smoothie) bagus untuk kesehatan tulang dan organ reproduksi si calon ibu hamil. Dilansir Everyday Health, ada pula penelitian yang menyebut bahwa perempuan yang punya masalah ovulasi, akan mendapat manfaat positif ketika mengasup susu full-fat setiap harinya.

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil Foto: Thinkstock


2. Protein hewani
Protein hewani yang dimaksud adalah protein dari kalkun, ayam, atau daging. Asupan protein hewani adalah sumber zat besi yang baik sebagai dasar nutrisi penting agar cepat hamil.

Penelitian menyebut perempuan yang menggenjot asupan zat besinya saat masa pra-pembuahan, punya tingkat kesuburan lebih tinggi dibanding perempuan yang kekurangan zat besi.

3. Lemak ikan
Ikan macam salmon memiliki lemak dan kandungan omega-3 yang tinggi untuk membantu masa kesuburan. Dengan mengasup lemak ikan, akan memperlancar peredaran darah ke organ dan hormon reproduksi.


Ilustrasi hamilIlustrasi hamil Foto: Thinkstock


4. Sayur dan biji-bijian
"Konsumsi juga sayur-sayuran dan biji-bijian karena mengandung serat tinggi. Kemudian vitamin prenatal, termasuk suplemen yang mengandung asam folat tinggi," kata dr Jolinda Johary M.Med, Master in Medicine of Obstretric and Gynecology dari Go Dok soal makanan untuk peningkat kualitas sel telur.

Pastikan setengah piring Bunda terisi buah dan sayur. Menu andalan untuk cepat hamil antara lain semangka dan asparagus.

"Kale juga termasuk sayuran super karena mengandung elemen penting untuk metabolisme esterogen," tambah Alisa Vitti, penulis buku WomanCode: Perfect Your Cycle, Amplify Your Fertility, Supercharge Your Sex Drive, and Become a Power Source.

5. Udang
Udang ternyata dikenal bisa dijadikan viagra alami. Udang mengandung zat besi tinggi yang tak lain adalah nutrisi penting untuk cepat hamil. Jika Bunda tidak doyan udang, nggak masalah kok. Tinggal Bunda ganti dengan gandum, kacang, telur, serta daging unggas dan sapi.

[Gambas:Video 20detik]



(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi