sign up SIGN UP search


kehamilan

Hypnobirthing, Bantu Persalinan Anak Ke-4 Nadia Mulya Lebih Mudah

Asri Ediyati Senin, 14 Jan 2019 16:07 WIB
Presenter Nadia Mulya hanya butuh mengejan lima kali saat melahirkan anak keempatnya. Persalinan pun lancar dan cepat. caption
Jakarta - Kabar bahagia datang dari presenter Nadia Mulya, yang melahirkan anak keempatnya pada Sabtu (12/1). Di usia yang tak lagi muda, Nadia berhasil melewati persalinan normal lho, Bun. Yup, Nadia berhasil melahirkan hanya dalam waktu 3 jam saja, di usia 38 tahun.

Meskipun sebelum menjalani persalinan normal, Nadia sempat merasakan galau. Dilansir Insertlive, Nadia menjelaskan jika waktu persalinan sudah lewat dari hari perkiraan lahir (HPL). Namun, si dedek bayi belum juga ada tanda-tanda akan lahir.

"Aku udah mulai galau dari awal tahun baru. Karena anak keempat, usia kehamilannya juga sudah besar. Disangkanya bakal lahir anytime, tapi kok nggak lahir-lahir," ujar Nadia Mulya di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta Selatan.


Bahkan, Nadia dan sang suami sempat jalan-jalan ke pusat pembelanjaan sebelum melahirkan lho, Bun. Ia sempat ke salon, dan dilanjutkan dengan nonton film di bioskop.

"Aku sempet ke mall deket sini, ngeblow, nonton juga. Pas periksa ke sini udah bukaan empat dan lima, jam 7 udah bukaan tujuh," ujar Nadia.

Dalam kondisi rileks, Nadya terus menanti hingga bukaan 10, Bun. Hal itu, rupanya membantu Nadia proses persalinan yang menjadi lebih mudah. Setelah bukaan lengkap, Nadia hanya butuh lima kali mengejan sampai si kecil yang diberi nama Nilouh Alessandramulya Mudijana lahir ke dunia.

"Lebih cepat (waktu persalinan) dari anak pertama. Emang kita pengen normal. Dari beberapa hal dokter sampaikan ada kecemasan akan ceasar, semuanya lancar bisa normal. Lancar hanya tiga jam," ujar Dastin, suami Nadia.

Hypnobirthing, Bantu Persalinan Anak Ke-4 Nadia Mulya Lebih MudahHypnobirthing, Bantu Persalinan Anak Ke-4 Nadia Mulya Lebih Mudah/ Foto: Instagram @nadiamulya

Terbiasa aktif sebelum melahirkan

Sebelum melahirkan, Nadia Mulya sempat belajar hypnobrithing nih, Bun. Hypnobrithing merupakan metode relaksasi yang dilakukan ibu hamil. Tujuannya agar bisa relaks sehingga sugesti yang dimasukkan ke pikiran lama-lama tertanam dan akhirnya si ibu hamil bisa berpikir bahwa melahirkan itu nyaman.

Terapis yang mendampinginya, mengajarkan Nadia untuk selalu tersenyum meski rasa sakit akibat kontraksi nggak tertahankan. Selain hypnobirthing, Nadia sama sekali tak membatasi kesibukannya. Nggak tanggung-tanggung, saat hamil tujuh bulan ia sempat melakukan boxing.

"Habis aku siaran, jam tujuh malam aku boxing, jadi aku terbiasa aktif selama kehamilan," ujar Nadia Mulya dikutip dari detikcom.

Nadia juga mengaku nggak merasa takut sedikit pun, karena sudah terbiasa dengan pengalamannya dari anak pertama hingga keempat. Ia berkomitmen ingin terus bekerja bahkan hingga menjelang persalinan.

"Aku penginnya sampai kontraksi awal penginnya masih kerja, karena aku juga menikmati banget bekerja, ketemu orang-orang banyak, akunya juga belajar, aku enjoy, suami juga support, selama aku enjoy, fisik kuat, aku senang-senang saja," sambungnya lagi.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi