sign up SIGN UP search


kehamilan

Nadia Mulya Keguguran Anak Kelima, Ungkap Penyebabnya

Asri Ediyati Sabtu, 03 Oct 2020 09:56 WIB
Nadia Mulya caption
Jakarta -

Di Hollywood, media sosial diramaikan dengan berita duka dari Chrissy Teigen, istri John Legend. Ia keguguran anak ketiganya. Mendengar kabar tersebut, presenter Nadia Mulya rupanya ikut buka suara, mencurahkan pengalaman pahitnya 3 bulan yang lalu.

Di usia kehamilan 15 minggu, Nadia Mulya mengalami keguguran. Artis 40 tahun itu sedang hamil anak ke-5, Bunda. Ia mengaku hatinya sangat hancur dan enggan membicarakan kegugurannya kala itu.

"Tepat 3 bulan yang lalu aku kehilangan calon anak kelima-ku. Usia sekitar 15 minggu dalam kandungan. Tidak banyak yang tahu, tapi melihat postingannya @chrissyteigen aku jadi ingin sharing," kata Nadia Mulya, di Instagram-nya.


"It's never easy to lose a baby no matter how young the pregnancy was," ujarnya.

Ia menuliskan kisah lengkapnya di blog pribadinya Mamud Maskin. Dalam blog, penyebab kegugurannya adalah janinnya yang tak berkembang, lalu detak jantungnya tidak ada.

Diungkap Nadia, setelahnya ia minum obat yang diresepkan dan mengalami perdarahan cukup hebat. Ibu empat anak itu juga mengungkap bahwa ini kali kedua, ia mengalami keguguran, Bunda. Sebelumnya, ia sempat mengalami keguguran sebelum hamil anak ketiga, Delmar.

"Kepada semua Mama yang mengalami hal ini, sending my love to you, and prayers to our angel babies in heaven," kata Nadia Mulya.

Bicara soal ibu yang mengalami keguguran, menurut psikolog Alicia del Prado Ph.D., umumnya menyalahkan diri sendiri. Ia juga merasa takut, marah, malu, tidak percaya, cemas, dan bingung. Meski ini semua normal, tidak ada cara tepat untuk merespons keguguran, Bun.

"Terlepas dari seberapa umum keguguran, wanita sering mengalami rasa kehilangan ini dalam diam," kata Prado, dikutip dari Psychology Today.

Simak juga faktor-faktor pemicu keguguran melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi