sign up SIGN UP search


kehamilan

Syarat Melahirkan Normal di Usia 38 Tahun Macam Nadia Mulya

Zika Zakiya Senin, 14 Jan 2019 18:10 WIB
Syarat Melahirkan Normal di Usia 38 Tahun Macam Nadia Mulya caption
Jakarta -

Kabar bahagia datang dari keluarga presenter Nadia Mulya, Bunda. Di usia yang menjelang 40 tahun, mantan model catwalk itu melahirkan anak keempatnya, Nilouh Alessandramulya Mudijana, secara normal di RSIA Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (12/1/2019).


Melihat usia Nadia, kita jadi terkesima ya, Bunda! Sebab, sudah menjadi publikasi umum bagaimana usia di atas 35 tahun bisa mengalami proses melahirkan yang berisiko.

Namun demikian, dikatakan dr Liva Wijaya SpOG bahwa sesungguhnya tidak ada risiko yang terlalu besar untuk ibu berusia di atas 35 tahun. Malah risikonya tetap sama dengan mereka yang melahirkan di usia lebih muda.

"Tidak ada perbedaan syarat berdasarkan usia. Selama tidak ada penyakit lain yang menyulitkan persalinan normal seperti penyakit jantung, benjolan menutup jalan lahir, presentasi kepala, tidak ada ketidakseimbangan kepala janin-panggul, kemungkinan besar ibu masih bisa melahirkan secara normal," papar dr Liva, ketika berbincang dengan HaiBunda.com, Senin (14/1/2019).

Ilustrasi melahirkanIlustrasi melahirkan Foto: ilustrasi/thinkstock


Ditekankan dr Liva bahwa selama ibu sehat, fit, dan syarat persalinan normal terpenuhi, maka risiko persalinan sama dengan usia yang lebih muda. Tapi, harus ada beberapa syarat yang harus terpenuhi ketika ibu di usia 35+ ingin melahirkan secara normal.



"Pastikan keadaan umum ibu baik, tidak anemia, tidak ada penyakit lain yang memberatkan, berat janin dalam batasan normal, presentasi kepala, tidak ada panggul kecil. Untuk itu nutrisi yang baik, olahraga teratur, dan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan yang baik harus dilakukan," kata dr Liva.

Dengan kondisi yang memenuhi syarat di atas, wajar jika kemudian Nadia Mulya menjalani proses melahirkan anak keempat dengan penuh suka cita. Malah beberapa jam sebelum melahirkan, Nadia dan suami masih berpelesir ke pusat berbelanjaan.


"Aku sempet ke mall deket sini, ngeblow, nonton juga. Pas periksa ke sini (RSIA Brawijaya) udah bukaan empat dan lima, jam 7 udah bukaan tujuh," terang Nadia, seperti dilansir Insertlive.com.

Nadia Mulya dan suamiNadia Mulya dan suami Foto: Suci Novitri


Hanya dengan lima kali ngeden, si cantik Nilouh Alessandramulya Mudijana akhirnya lahir. Sejak awal, Nadia mengaku memang sangat ingin melalui persalinan normal.

"Lebih cepat dari anak pertama. Emang kita pengen normal. Dari beberapa hal dokter sampaikan, ada kecemasan akan caesar, semuanya lancar bisa normal. Lancar hanya tiga jam," ujar suami Nadia, Dastin Mudijana.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi