kehamilan

Tanda Awal Kehamilan Paling Gampang Dikenali

Asri Ediyati Jumat, 08 Feb 2019 09:07 WIB
Tanda Awal Kehamilan Paling Gampang Dikenali
Jakarta - Telat haid, positif hamil? Biasanya, para wanita yang sudah menikah memang suka menerka-nerka kehamilan melalui jadwal menstruasi ya, Bun.

Namun, ada juga yang sebagian perempuan yang masih mengalami bercak darah seperti haid meski sedang berbadan dua. Jadinya, mereka nggak segera menyadari tanda-tanda kehamilan itu. Begitu periksa ke dokter, eh ternyata usia kandungan sudah masuk tujuh hingga delapan minggu.

Duh, kalau terlambat mengetahuinya, rasanya ingin mengulang waktu lagi untuk lebih memerhatikan asupan makanan ya, Bun. Lalu, apakah ada tanda-tanda hamil muda yang paling mudah dikenali?

Terkait hal ini, dr Karno Suprapto SpOG dari Mayapada Hospital, Lebak Bulus, menjelaskan ada tiga tanda umum hamil muda yang bisa diketahui.

"Kalau kita orang awam dan nggak melalui pemeriksaan laboratorium, ada tiga tanda umum hamil muda yang bisa diketahui. Pertama terlambat haid, nggak mungkin kan kalau hamil tidak terlambat haid. Yang kedua adalah payudara yang terasa sakit," kata dr Karno Suprapto saat berbincang dengan HaiBunda.
Tanda Awal Kehamilan Paling Gampang DikenaliTanda Awal Kehamilan Paling Gampang Dikenali/ Foto: Thinkstock


Selain payudara yang sakit, lalu muka ibu yang tiba-tiba berjerawat bisa menjadi tanda umum. Menurut dr Karno, jerawat nggak hanya muncul di wajah melainkan beberapa area tubuh.

"Yang ketiga muka yang tadinya mulus tiba-tiba berjerawat. Bukan hanya di muka tapi di dada atau bahkan di leher. Nah, itu semua pengaruh hormon progesteron," sambungnya.

Menurutnya, orang hamil itu memiliki kadar hormon progesteron yang dominan. Begitu hormon tersebut dominan otomatis tanda-tanda umum yang disebutkan tadi keluar, Bun.

Lebih lanjut, dr Karno juga memaparkan, tak hanya fisik yang mengalami perubahan melainkan juga emosi sang ibu. Saat hamil muda, biasanya tenang dan tentram tiba-tiba menjadi galak dan moody.

"Kehamilan juga pengaruhi emosi, ibu yang tadinya tenang itu jadi moody, kadang-kadang suaminya salah sedikit sudah diomel-omelin. Itu tanda-tanda kehamilan yang tanpa disadari," ujarnya.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi