Sign Up search

kehamilan

4 Trik Melakukan 'Ehem' Tetap Nyaman Jelang Persalinan

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 18 Feb 2019 21:05 WIB
4 Trik Melakukan 'Ehem' Tetap Nyaman Jelang Persalinan
Jakarta - Perut yang semakin membesar jelang persalinan bukan halangan untuk melakukan hubungan intim. Bunda dan Ayah, hanya memerlukan trik yang tepat agar 'ehem' bisa terasa nyaman.

Pada usia kehamilan 9 bulan, memang membuat kondisi fisik semakin tidak nyaman ya, Bun. Seringkali, ketidaknyamanan tersebut pun membuat segala aktivitas terabaikan, termasuk melakukan hubungan seksual.

Banyak ibu hamil khawatir melakukan 'ehem' karena katanya, dapat menyebabkan kontraksi sebelum waktunya. Alasan lainnya, mereka juga enggan melakukan sesi 'ehem' di kehamilan tua karena mereka merasa tidak nyaman melakukannya. Hmm.., jadi serba salah ya, Bun, sebenarnya. Di satu sisi, kebutuhan biologis tetap ingin berjalan tetapi di sisi lain kondisi fisik sedang tidak mendukung.



Padahal nih, Bun, melakukan sesi 'ehem' jelang persalinan sangat menyenangkan. Tidak hanya menciptakan keintiman dengan pasangan, tetapi juga membantu Bunda lebih rileks jelang persalinan. Kalau memicu terjadi persalinan yang lebih cepat, Bunda tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan rangsangan alamiah.

Dr Jessica Shepherd, seorang Obgyn dan founder Her Viewpoint (Online women's health forum) menuturkan bahwa adanya perubahan hormon selama kehamilan membuat semangat melakukan hubungan intim mengalami perubahan. Ada yang mengalami peningkatan dan juga penurunan, pada trimester ketiga kehamilan. Jika Bunda merasa khawatir dengan hal tersebut, komunikasikan permasalahan itu dengan dokter kandungan, Bunda, terlebih dahulu.

Sementara itu, selama tidak ada permasalahan dengan kehamilan Bunda, sesi 'ehem' dapat dengan aman dilakukan, Bun. "Di akhir kehamilan, kami menganjurkan beberapa wanita untuk melakukan bercinta. Semen memiliki sumber alami dari apa yang kita sebut prostaglandin,"kata Jessica, dikutip dari Essence.

Prostaglandin merupakan bagian normal dari cairan tubuh kita, Bun. Tetapi dalam air mani, cairan tersebut ditemukan mengandung sesuatu yang dapat merangsang perubahan serviks dalam persiapan persalinan serta membantu menginduksi persalinan.

4 Trik Melakukan 'Ehem' Tetap Nyaman Jelang PersalinanTrik bercinta jelang melahirkan/ Foto: iStock


Meski demikian nih, Bun, Dr Jessica menyarankan untuk mempertimbangkan posisi saat melakukan 'ehem' untuk tetap memberikan kenyamanan pada Bunda.

Agar agenda tersebut tetap menyenangkan, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan, Bun, dilansir laman Romper.

1. Quickie
Memasuki kehamilan sembilan bulan, Bunda mungkin akan lebih fokus untuk persiapan kelahiran bayi daripada menciptakan keintiman dengan pasangan. Nah, untuk tetap menciptakan kedekatan dengan pasangan, tak ada salahnya menyisihkan waktu untuk agenda 'ehem' secara quickie.

2. Spooning
Variasi posisi ini sangat bagus lho, Bun, untuk wanita hamil karena memungkinkan terjadinya penetrasi yang lebih dangkal.

3. Woman on top
Posisi ini dapat digunakan sepanjang kehamilan ya, Bun. Dengan memilih posisi ini, Bunda dapat mengatur kendali dan melindungi tekanan pada perut. Bunda juga bisa melakukan berbagai variasi sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan, terutama ketika kehamilan memasuki usia 9 bulan.

4. Bantuan bantal
Agar tetap nyaman dan menjaga tekanan dari punggung Bunda, gunakan bantuan bantal selama hubungan intim berlangsung.

Bagaimana Bun, tak perlu khawatir lagi kan melakukan 'ehem' di usia kehamilan 9 bulan? Trik yang tepat, akan membuat keintiman Bunda dan Ayah berjalan lancar dan menyenangkan.


[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi