Sign Up search


kehamilan

Posisi Seks yang Aman Saat Hamil Trimester 3

Maya Sofia Kamis, 22 Aug 2019 20:02 WIB
Posisi Seks yang Aman Saat Hamil Trimester 3
Jakarta - Tak sedikit pasangan berhenti melakukan hubungan intim saat kehamilan sang istri memasuki trimester ketiga. Alasannya, mereka khawatir aktivitas bercinta bisa membahayakan janin.

Mengutip detikcom, bercinta di terimester tiga atau akhir kehamilan hampir 100 persen aman asalkan tak ada komplikasi atau tidak ada riwayat serta risiko melahirkan prematur. Direktur Eksekutif Institute for Women's Health di Memorial Health University Medical Center, Savannah, Iffath Hoskins, MD, menuturkan bahwa bayi terlindung cairan ketuban, sehingga dia aman dari goncangan.

"Begitu juga lendir di mulut rahim akan menghalau organisme yang tidak diinginkan, sehingga risiko infeksi bisa dihindari," ucapnya.


Hoskins tak memungkiri bahwa suami merasa khawatir saat bercinta dengan istri yang tengah hamil tua. Apalagi, ibu hamil mengalami perubahan tubuh, seperti payudara membesar, pinggul lebih lebar, dan area organ intim yang cenderung membengkak.

Posisi Seks yang Aman Saat Hamil Trimester 3Ilustrasi posisi seks di trimester 3 kehamilan/ Foto: iStock
Namun, Hoskins menyatakan bahwa jika Bunda dan Ayah merasa nyaman dengan posisi seks tertentu maka bayi juga merasakan hal yang sama. Melansir dari Scary Mommy, terdapat posisi seks yang direkomendasikan saat Bunda menginjak trimester tiga kehamilan.

Di trimester ini, Bunda mungkin akan merasa lebih sulit menemukan posisi seks yang nyaman. Apalagi tubuh terus mengalami perubahan.

Namun, terdapat posisi seks yang memungkinkan Bunda dan Ayah merasa nyaman dan tidak membahayakan janin. Posisi tersebut adalah side by side. Posisi ini sudah bisa dilakukan sejak Bunda memasuki trimester dua kehamilan. Posisi side by side dianggap baik untuk menghindari tekanan pada perut.

Bunda bisa simak manfaat rajin bercinta di trimester akhir kehamilan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi