sign up SIGN UP search


kehamilan

Berhubungan Seks Tiap Hari Bikin Susah Hamil? Ini Penjelasan Dokter

Muhayati Faridatun Sabtu, 09 May 2020 21:30 WIB
Cropped shot of an affectionate young couple relaxing at home caption
Jakarta - Bagi pasangan yang baru menikah dan ingin segera punya anak, mungkin begitu semangat melakukan hubungan seks setip hari. Tapi, benarkah bercinta setiap hari justru memperkecil peluang Bunda hamil?

Dikatakan spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn), dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), jika ingin segera hamil, sebaiknya jangan melakukan hubungan intim hanya di saat masa subur. Ini justru membuatĀ kesempatan hamil lebih rendah, Bunda.


"Sel telur secara teori menetas saat masa subur. Tapi, kalau melakukan hubungan intim hanya saat masa subur, kesempatan mendapat keturunan akan lebih rendah," ungkap Boy, dikutip dari YouTube channel dr Boy Abidin.


Ilustrasi hubungan seks suami istriIlustrasi hubungan seks suami istri/ Foto: Getty Images/mixetto
Boy lalu menganjurkan, lakukan hubungan intim 2 - 3 hari sekali karena sel sperma bisa bertahan di organ atau saluran reproduksi wanita selama 2 - 3 hari. Sedangkan sel telur hanya bertahan selama 6 - 12 jam.

"Intinya, begitu selesai menstruasi, segara lakukan hubungan intim setiap 2 - 3 hari sekali. Jadi, begitu ada sel telur yang matang dan siap dibuahi, lalu ada sel sperma yang siap membuahi, maka kemungkinan hamil akan lebih besar," jelas Boy.

Nah selain itu, dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading ini juga menyarankan, sebaiknya jangan melakukan hubungan intim setiap hari kalau Bunda ingin segera hamil. Apa alasannya?

"Jangan melakukanĀ hubungan intim setiap hari karena kualitas sperma akan menurun. Lalu akan timbul kejenuhan, akan terjadi tidak ada gairah atau semangat untuk melakukan hubungan intim," begitu saran dokter yang dikenal lewat program dr.Oz Indonesia Trans TV ini.

Tak lupa, Boy mengingatkan agar Bunda dan Ayah selalu berdoa, semoga apa yang sedang diusahakan bisa segera mendapatkan hasil. Harapan Bunda segera hamil juga segera terwujud. Selamat mencoba ya...


Bunda, simak juga yuk penjelasan dokter tentang manfaat bercinta di trimester akhir kehamilan. Dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi