kehamilan

Alternatif Posisi Seks Ketika Bercinta Tak Nyaman bagi Ibu Hamil

Maya Sofia Senin, 26 Aug 2019 19:01 WIB
Alternatif Posisi Seks Ketika Bercinta Tak Nyaman bagi Ibu Hamil
Jakarta - Ketika Bunda hamil, terdapat berbagai perubahan pada tubuh, seperti payudara dan alat kelamin. Perubahan yang dikendalikan hormon tersebut membuatnya lebih sensitif dan responsif pada sentuhan.

Mengutip buku Ensiklopedia Kehamilan & Kelahiran, kepekaan tersebut di satu sisi dapat meningkatkan seksualitas Bunda, namun di sisi lain terkadang juga bisa membuat tidak nyaman.

Pada beberapa bulan pertama kehamilan, Bunda biasanya akan merasakan tegang pada bagian payudara. Payudara juga terasa nyeri ketika bercinta. Adalah normal ketika bercinta, Bunda merasakan denyutan atau gelenyar di payudara saat darah mengalir deras pada awal fase gairah.


Ketika mengalami hal ini, katakan terus terang pada suami. Minta ia tidak menyentuh bagian tersebut saat bercinta. Namun tak perlu khawatir, kondisi tersebut biasanya akan berlalu pada tahap kehamilan selanjutnya.

Sementara di akhir kehamilan, alat kelamin Bunda akan mengalami pembesaran. Hal tersebut tentunya menyebabkan sedikit ketidaknyamanan karena alat kelamin akan tetap bengkak dan sakit setelah orgasme.

Rekomendasi Posisi Seks Ketika Bercinta Tak Nyaman Saat Hamil Ilustrasi posisi seks saat hamil/ Foto: iStock

Lantas bagaimana agar Bunda tetap nyaman bercinta dalam kedua kondisi ini? Mengutip Health Line, Bunda bisa mencoba posisi seks woman on top atau posisi di atas pasangan. Posisi seks tersebut direkomendasikan pada trimester pertama dan kedua.

Dengan posisi woman on top, Bunda akan lebih mudah mengendalikan kedalaman penetrasi serta kecepatan dan ritme hubungan intim.

Adapun posisi seks yang direkomendasikan pada akhir kehamilan atau trimester tiga adalah duduk. Posisi tersebut memungkinkan Bunda tak melakukan banyak gerakan, tetapi tetap nyaman. Selain itu, Bunda juga bisa mengendalikan kedalaman penetrasi.

Bunda bisa simak manfaat bercinta di trimester akhir kehamilan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi