kehamilan

Di Awal Kehamilan, Bunda Boleh Makan Mangga Muda Enggak Sih?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 04 Mar 2019 15:31 WIB
Di Awal Kehamilan, Bunda Boleh Makan Mangga Muda Enggak Sih?
Jakarta - Kondisi hamil bisa berbeda dialami tiap ibu. Misalnya di minggu-minggu awal kehamilan nih, Bun. Ada ibu hamil yang mengalami mual muntah parah, ada juga yang hamil 'ngebo' bahkan ngidam mangga muda. Waduh, boleh enggak ya ibu hamil muda makan mangga muda?

Menanggapi hal ini, dr.Arti Indira M.Gizi, Sp.GK, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, bilang kalau soal ngidam, termasuk ngidam mangga muda di minggu awal kehamilan, belum bisa dijelaskan secara ilmiah kenapa ada proses tersebut. Tapi, kata Arti, itu dianggap sebagai salah satu tanda tubuh craving for food.

Dengan kata lain, Bun, tubuh sudah memberi sinyal butuh asupan makanan tertentu. Nah, enggak masalah kalau tubuh ingin mengasup makanan yang tak aneh seperti mangga muda, demikian disampaikan Arti.



"Pengen makan mangga muda enggak masalah ya, kecuali kayak pengen ngejilat yang aneh-aneh misalnya sabun, itu namanya Pica. Si ibu mesti dibawa ke psikolog atau dokter kandungan, berarti ada kelainan," kata Arti, dalam perbincangan dengan HaiBunda.

ilustrasi mangga mudailustrasi mangga muda/ Foto: iStock
"Kalau ibu hamil di minggu awal enggak ada masalah, senang makan mangga muda selama pencernaannya enggak masalah, kasih aja," tambah istri penyanyi Tompi ini.

Selain makan mangga muda, gimana kalau ibu senang banget konsumsi makanan pedas di minggu awal kehamilannya, Dok? Kata Arti nih, Bun, hal ini kembali lagi ke masing-masing ibu. Lihat reaksi tubuh apakah sesudah makan pedas ada masalah dengan pencernaan seperti diare?

"Kalau ternyata abis makan pedas diare, buang-buang air ya dikurangilah. Tapi, kalau enggak ya enggak masalah. Nah, pedas yang dimakan ibu sudah dicerna lebih dulu sehingga enggak akan berpengaruh ke bayinya. Si bayi proses metabolismenya tetap baik-baik aja," jelasnya.


"Sama kayak ibu menyusui makan pedas, bayi bisa langsung diare karena dia lagi sensitif. Tapi, kalau enggak ya diteruskan makan enggak masalah," pungkas Arti.

Jadi, kalau Bunda doyan makan mangga muda apalagi ditambah sambal rujak yang cukup pedas enggak masalah dikonsumsi asal pencernaan baik-baik aja, Bun. Tapi kalau dirasa pencernaan enggak nyaman, baiknya segera dihentikan ya, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi