kehamilan

5 Keluhan Umum Ibu Hamil Muda, Bunda Juga Mengalaminya?

Melly Febrida Senin, 11 Feb 2019 18:29 WIB
5 Keluhan Umum Ibu Hamil Muda, Bunda Juga Mengalaminya?
Jakarta - Tahu diri ini hamil pasti rasanya happy. Selamat datang masa-masa awal kehamilan atau biasa disebut hamil muda. He-he-he. Namun, selama melewati masa tersebut, ada berbagai keluhan.

Misalnya saja Bunda jadi sulit tidur di malam hari alhasil di siang harinya ngantuk berat. Semua perubahan fisik yang dialami wanita di awal kehamilan membuat 8 dari 10 wanita mengalami masalah tidur selama kehamilan.

Nah, ada beberapa keluhan lainnya yang umum ibu hamil alami di trimester pertama. Apa saja? Berikut rinciannya dan beberapa tips mengatasinya seperti dituliskan Postpartum Doula, Sasha Romary, di Motherly:

1. Mengantuk di siang hari

Romary mengatakan, ibu hamil di awal kehamilannya dibanjir hormon progesteron. Hormon ini yang membantu mengatur siklus reproduksi. Progesteron tidak hanya membuat ibu hamil merasa sangat mengantuk di siang hari, tetapi juga bisa mengganggu tidur di malam hari, Bun. Bahkan menyebabkan kelelahan di siang hari.

Nah, perubahan hormon dan fisik yang dialami ibu hamil membuatnya berjuang untuk tetap berenergi agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasanya. Apabila Bunda mengalaminya, Romary menyarankan cobalah istirahat sejenak dengan tidur siang singkat. Ketika sudah memasuki trimester kedua, biasanya energi ibu hamil meningkat kembali.

2. Mual

Setidaknya 75 persen wanita mengalami mual selama minggu-minggu awal kehamilan, Bun. Kondisi ini dikenal dengan morning sickness yang bisa bertahan sepanjang hari dan bisa sangat tidak menyenangkan jika terjadi di malam hari karena ibu hamil bisa sulit tidur.

Untuk mengurangi rasa mual di malam hari, kata Romary, siapkan kudapan ringan alias camilan, seperti cracker. Ini akan membantu merasa lebih baik sehingga bisa kembali tidur. Selain itu, cobalah meminum secangkir teh jahe sebelum tidur atau sepanjang hari.

3. Kelaparan di tengah malam

Saat hamil muda, biasanya ibu hamil mudah lapar. Akibatnya sulit tidur. Romary menyarankan ibu hamil mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, serta buah-buahan segar agar merasa kenyang, serta menambah nutrisi yang dibutuhkan.

Untuk menangkal rasa lapar, cobalah sering makan dalam porsi sedikit sepanjang hari, bukan tiga kali makan besar. Ini memastikan ibu hamil dan bayi yang sedang tumbuh mendapat nutrisi yang stabil.

Selain itu, konsumsi makanan secara perlahan untuk menghindari mulas. Kalau Bunda mau makan makanan ringan, bisa mencoba yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks seperti keju dan cracker, tepat sebelum tidur. Ini akan membantu menstabilkan kadar gula di sepanjang malam.

4. Sering kencing

Rahim yang sedang berkembang menekan kandung kemih dan membuat ibu hamil sering buang air kecil (BAK). Ini umum terjadi di awal dan akhir kehamilan.

"Untuk mengurangi kencing di malam hari, coba minum banyak cairan di siang hari, tapi menguranginya di sore dan malam hari. Hindari pula konsumsi protein," ujar Romary.



5. Insomnia

Ibu hamil sulit tidur bisa karena banyak hal. Entah cemas mau menjadi ibu, payudara melembut yang membuat ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman, atau karena mulas misalnya. Yang jelas, insomnia umum dialami wanita hamil.

Kalau ibu hamil kesulitan tidur, coba lakukan rutinitas santai yang menenangkan setiap malam. Berendam dalam air hangat, minum segelas susu hangat, membaca novel yang bagus atau mencoba beberapa teknik relaksasi untuk membantu merasa tenang dan siap untuk tidur.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
Ketika trimester pertama, ibu hamil akan merasa kelelahan. Dan bagi kebanyakan ibu hamil, insomnia dan masalah tidur lainnya akan berlalu. Jika ibu hamil tetap sulit tidur, cobalah tidur siang sebelum mencoba suplemen, obat-obatan, atau ramuan untuk merangsang tidur.

Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi jika masalah yang bunda hadapi tak bisa dikendalikan.



Dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari RS Brawijaya, dr.Prima Progestian, Sp.OG menjelaskan, ibu hamil memang mengalami perubahan yang luar biasa pada fisiknya karena ini adalah semacam bentuk adaptasi tubuh terhadap 'benda asing', yaitu bayi yang ada di dalamnya saat ini.

"Bayi itu merupakan benda asing bagi tubuh ibu karena bayi itu kan separuh gen ayah dan separuh gen ibu. Sehingga wajar kalau saat hamil muncul berbagai keluhan karena di tubuh ada benda asing," jelas Prima dilansir detikcom.

Prima mengungkapkan ada beberapa keluhan yang paling sering dilontarkan calon ibu di awal-awal kehamilan, antara lain mual, muntah, perdarahan dan perut yang mengencang atau kram.

[Gambas:Video 20detik]



(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi