kehamilan

Konsumsi Pepaya Mentah Saat Hamil Bahayakan Janin?

Melly Febrida Senin, 11 Mar 2019 07:02 WIB
Konsumsi Pepaya Mentah Saat Hamil Bahayakan Janin?
Jakarta - Sewaktu hamil muda biasanya kita sering mendapat petuah-petuah dari orang tua. Misalnya saja, jangan makan pepaya karena nanti membahayakan janin. Benarkah pepaya tidak bagus buat ibu hamil?

Holly Ernst, seorang physician assistant dan obstetrics & gynecology di Santa Maria, California, mengatakan bahwa ibu hamil memang penting memperhatikan asupan dan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah, seperti kita tahu, Bun, konsumsi buah bagus untuk diet seimbang. Tapi, buah-buahan tertentu termasuk pepaya termasuk yang sebaiknya dihindari.

Kata Ernst, memang tentang makan pepaya saat hamil ini masih antara boleh dan tidak. Ada yang mengatakan ibu hamil boleh memakan pepaya asal matang, bukan yang mentah. Pada pepaya matang yang kulitnya kuning, lanjut Ernst, mengandung beta karoten, kolin, serat, folat, kalium, vitamin A, B, dan C.


Ilustrasi pepayaIlustrasi pepaya (Foto: ilustrasi/thinkstock)
"Sedangkan pada pepaya mentah yang kulitnya hijau, kaya akan getah (lateks) dan papain. Jenis lateks pada pepaya mentah harus dihindari wanita hamil karena dikhawatirkan bisa memicu kontraksi rahim, yang bukan tak mungkin menyebabkan persalinan dini," tulis Ernst, mengutip Health Line.


Hal senada tertulis dalam laporan British Journal of Nutritional. Dilansir detikcom, pepaya mentah bisa jadi tidak aman bagi kehamilan karena kandungan pepsin dalam getahnya. Pepsin tersebut bisa menyebabkan kontraksi pada rahim dan menyebabkan keguguran.

Selain itu, kata Ernst, kandungan papain dalam pepaya belum matang mungkin saja oleh tubuh ibu hamil dianggap prostaglandin yang kadang-kadang digunakan untuk menginduksi persalinan. Kemudian, pepaya juga bisa melemahkan selaput vital yang mendukung janin, serta merupakan alergen umum yang dapat memicu reaksi berbahaya.

Beberapa ibu hamil, menurut Ernst, masih memakan pepaya matang selama kehamilannya. Tapi, beberapa wanita memutuskan untuk tak memakan pepaya sampai setelah mereka melahirkan, karena ada banyak sumber nutrisi lain yang aman dikonsumsi selama kehamilan selain pepaya.

"Jika sedang hamil atau berencana hamil, bicarakan dengan dokter tentang nutrisi yang tepat termasuk makanan yang harus dihindari," katanya.


Menurut Baby Center, pepaya yang matang kaya akan vitamin C dan E, serta merupakan sumber serat dan asam folat yang baik. Selain itu, pepaya membantu mencegah dan mengendalikan sembelit dan mulas Bunda.

Untuk alasan ini, banyak ahli merekomendasikan ibu hamil makan pepaya matang dalam jumlah sedang. Bunda sendiri gimana? Saat hamil sering makan pepaya enggak?

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi