kehamilan

Ikan Apa Saja Sih yang Enggak Boleh Dimakan Saat Hamil?

Muhayati Faridatun Senin, 11 Mar 2019 08:59 WIB
Ikan Apa Saja Sih yang Enggak Boleh Dimakan Saat Hamil?
Jakarta - Bunda pasti tahu ya, makanan laut sejatinya merupakan sumber protein yang sangat bagus. Asam lemak omega-3 pada banyak ikan juga bisa meningkatkan perkembangan otak dan mata bayi.

Tapi, beberapa ikan dan kerang diketahui mengandung kadar merkuri yang berpotensi berbahaya. Melansir Mayo Clinic, terlalu banyak merkuri bisa membahayakan sistem saraf bayi lho, Bun.

Jadi, makin besar dan tua ikannya, makin besar juga kemungkinan mengandung merkuri. Itulah sebabnya kenapa Food and Drug Administration (FDA) mengingatkan bunda hamil untuk menghindari ikan berkadar merkuri tinggi.


"Sayangnya, beberapa jenis ikan mengandung merkuri, yang bisa memengaruhi janin atau perkembangan neurologis anak," tegas Mira Ilic, R.D., ahli nutrisi di Cleveland Clinic Foundation, seperti dilansir Women's Health Magazine.


Bunda simak ya, berikut lima jenis ikan yang tidak aman dikonsumsi saat hamil:

1. Hiu

Ikan hiu memiliki kadar merkuri sangat tinggi karena menempati urutan teratas dalam rantai makanan kehidupan laut. Hiu memakan ikan lain jenis apa saja, sehingga wajar kalau dalam dagingnya mengandung merkuri yang sangat tinggi.

2. Swordfish atau ikan todak

Seperti hiu, ikan todak termasuk ikan buas berukuran besar yang juga predator terbaik di ekosistem laut. Pola makan yang sembarangan demi bertahan hidup sangat memengaruhi kandungan merkuri dalam tubuh ikan ini.

Ikan makarel/ Ikan makarel/ Foto: iStock
3. King mackarel atau raja makarel

Ikan makarel pasti sering Bunda temui di pasar atau supermarket, baik dalam keadaan segar atau sudah dikalengkan. Beda dengan raja makarel yang berat rata-ratanya sampai 40 kilogram. Ikan jenis ini bahaya untuk dimakan karena kandungan merkuri yang berisiko meracuni tubuh kita.

4. Tilefish

Ikan yang termasuk keluarga Malacanthiade ini biasa ditemui di perairan Teluk Meksiko. Tilefish berukuran kecil biasanya dijadikan ikan hias, sedangkan yang besar tidak dianjurkan dimakan karena kadar merkuri yang tinggi.

5. Albacore tuna atau tuna putih

Ikan dari keluarga tuna umumnya layak dikonsumsi, Bun. Tapi, khusus jenis Albacore ini harus dibatasi karena kandungan merkuri yang lebih tinggi. Batasan aman mengonsumsi ikan jenis ini maksimal 6 ons (170 gram) dalam seminggu.

Nah, kalau ikan yang aman dimakan bunda hamil apa saja sih? Yang pasti, beberapa jenis makanan laut mengandung sedikit merkuri. Pedoman Diet 2015 - 2020 untuk orang Amerika merekomendasikan ibu hamil mengonsumsi 8 hingga 12 ons (dua atau tiga porsi) makanan laut dalam seminggu.

Berikut ikan dan makanan laut yang aman Bunda makan semasa hamil:

1. Udang
2. Salmon
3. Lele
4. Pollock
5. Teri
6. Kod
7. Nila
8. Trout
9. Tuna kaleng ringan

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi