kehamilan

Kenali Penyebab Sembelit di Awal Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 11 Mar 2019 18:38 WIB
Kenali Penyebab Sembelit di Awal Kehamilan
Jakarta - Serangan sembelit menjadi gangguan kesehatan yang umum dirasakan banyak orang. Wajar kalau Bunda menganggap hal itu sebagai gangguan pencernaan biasa. Namun tahukah Bunda, kalau sembelit juga bisa menjadi pertanda awal kehamilan?

Penting untuk bisa membedakan sembelit yang menjadi gangguan kesehatan atau indikasi kehamilan, Bun. Biasanya, gejala sembelit yang menjadi tanda awal kehamilan akan dibarengi dengan gejala lainnya. Melansir Motherhow, gejala yang menyertai sembelit di awal kehamilan yakni menstruasi yang terlewat, perubahan payudara baik ukurannya yang bertambah atau pembuluh darah di bawah kulit semakin terlihat.


Enggak cuma itu saja, Bun. Gejala sembelit di awal kehamilan juga ditandai dengan seringnya buang air kecil dikarenakan ukuran uterus yang terus bertambah. Selain itu, keputihan terlihat tidak biasa, morning sickness, sakit kepala, mulas, kantuk, perubahan suasana hati, dan lainnya.


Bunda perlu melakukan tes kehamilan jika mulai merasakan buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Diikuti dengan gejala usus terasa penuh dan perut membuncit.

Pada kasus awal kehamilan, beberapa penyebab gangguan pencernaan atau sembelit ini biasanya dikarenakan adanya perubahan hormon, Bun. Ada juga yang disebabkan karena asupan vitamin kompleks yang mengandung kalium dan zat besi yang tinggi dimana biasa dikonsumsi wanita untuk mempersiapkan kehamilan.

Tak hanya itu, Bun, serangan morning sickness dan mengidam makanan aneh dimana menyebabkan perubahan pola makan tidak sehat biasanya juga berakhir dengan risiko sembelit. Selain itu, serangan sembelit juga bisa dikarenakan frekuensi muntah yang sering dimana dapat menyebabkan dehidrasi. Serta yang paling tidak disadari, stres dan perubahan suasana hati kerap menjadi penyebab serangan sembelit.

Kenali Penyebab Sembelit di Awal KehamilanSembelit di awal kehamilan/ Foto: Istock

Meski demikian, hal itu tidaklah menjadi jaminan atau penanda kehamilan yang akurat. Apalagi, setiap wanita mengalami perbedaan gejala kehamilan satu sama lainnya.

"Semua wanita berbeda satu sama lainnya. Mereka tidak mengalami gejala awal kehamilan yang sama,"kata Michele Justice, seorang obgyn di Inova Londoun Hospital di Leesburg, Virginia, dikutip dari The Bump.

Justice juga berujar nih, Bun, biasanya kehamilan pertama dan kedua juga memiliki perbedaan. Sehingga tidak pernah ada jaminan ketika Bunda mengalami gejala yang bisa dianggap sebagai tanda kehamilan maka perut Bunda pun terdapat janin di dalamnya.


Untuk semakin meyakinkan, Justice pun menyarankan untuk melakukan tes kehamilan agar didapatkan hasil yang akurat. Atau, Bunda juga bisa mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter untuk memastikan apakah Bunda benar-benar hamil atau tidak.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi