kehamilan

7 Asupan yang Harus Dipantang Saat Jalani Program Bayi Tabung

Asri Ediyati Selasa, 19 Mar 2019 12:03 WIB
7 Asupan yang Harus Dipantang Saat Jalani Program Bayi Tabung
Jakarta - Ketika hamil, segala asupan makanan dan minuman perlu dijaga. Terlebih jika seorang ibu sedang menjalani program bayi tabung karena akan mempengaruhi tingkat keberhasilan bayi tabung.

dr. Ivan Sini Sp.OG, dari Klinik Morula IVF, RSIA Bunda Jakarta Pusat, berpesan supaya gaya hidup sehat perlu dijaga. Makan dan minum yang sehat, dengan gizi seimbang serta menghindari polutan seperti asap rokok dan asap kendaraan.

"Gaya hidup sehat perlu dijaga supaya tingkat keberhasilan bayi tabung yang dijalani itu baik," ujar Ivan saat ditemui HaiBunda beberapa waktu lalu.

Lalu, apa saja asupan yang dipantang saat jalani program bayi tabung? Berikut dilansir Parenting First Cry, tujuh asupan yang dipantang.

1. Telur mentah

Hindari konsumsi telur mentah dengan segala bentuk, misal mayones, eggnog atau adonan biskuit yang tidak dipanggang. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya bakteri salmonella, yang menyebabkan keracunan dan penyakit berbahaya.

2. Makanan yang mengandung pemanis buatan

Untuk menjaga agar berat badan tetap terkendali, beberapa wanita kadang memilih pemanis buatan dalam teh atau kopi daripada gula biasa. Meskipun ini secara umum mungkin merupakan pilihan yang sehat. Namun, pemanis sakarin diketahui mengurangi tingkat keberhasilan program bayi tabung. Jadi, jauhi gula buatan alih-alih gunakan pemanis berbasis sukralosa atau gunakan sirup pemanis alami lainnya.


3. Gula rafinasi

Jika Bunda sedang menjalankan diet bebas gula tanpa memasukkan pemanis buatan, itu adalah hal yang tepat. Gula rafinasi adalah 'penjahat'yang dapat mempengaruhi tubuh dengan cara yang sangat tidak sehat. Bahkan jumlah kecil itu menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak seketika. Gula rafinasi merupakan gula pasir yang sudah emlalui proses pemutihan.

Tentunya hal tersebut juga menyebabkan kerja organ hati menjadi berat karena memproduksi lebih banyak insulin untuk menstabilkan kadar gula darah. Alhasil, pada kejadian yang parah, tubuh mengembangkan resistensi terhadap insulin dalam jangka panjang, yang mulai memengaruhi kesuburan juga.
7 Asupan yang Harus Dipantang Saat Jalani Program Bayi Tabungilustrasi gula pasir rafinasi/ Foto: thinkstock
4. Makanan laut mentah

Mengkonsumsi makanan laut mentah juga harus dihindari karena dapat menyebabkan infeksi. Namun, makanan laut umum juga paling baik dijaga seminimal mungkin. Ibu hamil biasanya diminta untuk makan ikan laut dalam karena jarang mengandung banyak merkuri. Yakni zat yang dapat menyebabkan masalah pada janin dan mengakibatkan cacat lahir juga.



5. Alkohol

Ovulasi yang tak menentu adalah masalah keseburan yang mengganggu banyak wanita. Alkohol adalah penyebab utama hal ini dan karenanya tidak boleh dikonsumsi, terutama selama program bayi tabung. Enggak hanya akan membuat ovulasi tak menentu, tetapi juga menambah risiko kerusakan janin di kemudian hari.

6. Kafein

Kopi dan teh, harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas saat seorang ibu menjalani program bayi tabung. Minuman lain yang mengandung kafein harus dibatasi juga atau dihentikan sepenuhnya.

7. Beberapa jenis keju

Produk susu bagus untuk dikonsumsi tetapi ada beberapa jenis keju yang cenderung mengandung bakteri dan dapat menyebabkan infeksi. Kemudian, susu yang enggak dipasteurisasi juga dilarang dikonsumsi. Varietas keju yang memiliki warna biru atau bahkan yang lunak seperti camembert atau keju brie sebaiknya dihindari.
ilustrasi keju/ ilustrasi keju/ Foto: Getty Images
Semoga membantu ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi