kehamilan

Kisah Bayi Tabung Pertama di Dunia, Kini Berusia 41 Tahun

Asri Ediyati Sabtu, 27 Jul 2019 07:00 WIB
Kisah Bayi Tabung Pertama di Dunia, Kini Berusia 41 Tahun
Jakarta - Kembali ke tahun 1978, kelahiran wanita asal Inggris, Louise Brown menjadi sejarah bagi dunia medis. Kelahirannya telah disiarkan di televisi untuk dilihat seluruh dunia. Dikutip dari People, kelahirannya yang begitu istimewa karena melalui program bayi tabung atau IVF (In Vitro Fertilization) pertama.

Program tersebut merupakan program yang revolusioner kala itu. Brown berusia 41 tahun pada hari Kamis (25/7/2019) kemarin. Kelahirannya juga dimuat di berbagai majalah.

"Bayi tabung bersejarah Inggris, 2,5 kg Louise Brown, membuat seluruh dunia menjadi gempar," tulis sebuah cerita fitur di majalah People edisi 14 Agustus 1978.

Tahun lalu, sekitar waktu ulang tahunnya, Brown menceritakan pada TIME soal kehebohan media seputar kelahirannya. Ia juga bercerita tentang kritik publik yang dihadapi sang orang tua, Lesley dan John, setelah mengizinkan dokter untuk merekam kelahiran caesarnya.


Brown mengatakan bahwa kelahirannya itu harus dilakukan secara publik, untuk membuktikan bahwa 'otak' di belakang IVF, ilmuwan Inggris Robert Edwards dan kolega ginekolognya Patrick Steptoe, sebenarnya telah menemukan cara untuk memahami kehidupan di luar tubuh manusia.

"Orang tua saya tidak punya pilihan untuk mempublikasikannya. Jika mereka tidak melakukannya, mereka akan membuat orang bertanya, 'Mengapa kita tidak bisa melihatnya?' Ada apa dengan saya. Seandainya ada sesuatu yang salah dengan saya, itu akan menjadi akhir dari IVF," ujar Brown.
Kisah Bayi Tabung Pertama di Dunia, Kini Berusia 41 TahunLouise Brown saat dilahirkan/ Foto: Istimewa
Kelahirannya yang sukses menandai era baru dalam teknologi reproduksi dan tentunya memberikan harapan bagi banyak orang yang berjuang dengan infertilitas.

"Beberapa bulan yang lalu saya berada di supermarket bersama suami dan putra saya dan saya mendengar langkah kaki berlari di belakang saya. Itu adalah seorang wanita dan dia memiliki seorang anak berusia 4 tahun, seusia dengan anak saya, dan bayi mungil dalam kereta bayi. Dia berkata bahwa dia selalu ingin berterima kasih kepada ibu saya dan saya karena tanpa kita dia tidak akan pernah memiliki keduanya. Itu membuat saya menangis," tutur Brown.

Pada 2018, dilaporkan bahwa 8 juta bayi telah lahir di seluruh dunia sebagai hasil IVF sejak 1978. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak selebritas Hollywood juga melakukan program bayi tabung, di antaranya Chrissy Teigen, Tamron Hall, Courtney Cox, dan Gabrielle Union. Selebritas tanah air yang pakai program bayi tabung antara lain Tya Ariestya, Ratna Galih, dan Cynthia Lamusu.

Bicara soal prosedur bayi tabung, ini merupakan teknologi reproduksi berbantu (TRB) dengan cara mengawinkan sperma dalam jumlah tertentu dengan sel telur lalu diletakkan dalam sebuah cawan berisi medium tertentu. Menurut dr Ivan Sini SpOG dari Morula IVF Indonesia ada beberapa persyaratan prosedur bayi tabung.

"Pasangan yang sudah sah secara sipil, bukan pasangan sejenis, sendiri atau single. Lalu nggak boleh ada donor atau surrogate dan nggak boleh ditanamkan pada pasangan yang meninggal dunia. Sedangkan untuk istri syarat lainnya ada usia. Kebanyakan orang mencoba bayi tabung atau IVF usia 35 ke atas, jadi kalau bisa diperhatikan usianya karena memengaruhi tingkat keberhasilan," papar dr Ivan.

Simak juga kata dokter soal mitos bayi tabung lewat video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi