kehamilan

Fakta Refleks Gerak Pertama Janin yang Menarik Bunda Ketahui

Annisa Karnesyia Kamis, 21 Mar 2019 13:34 WIB
Fakta Refleks Gerak Pertama Janin yang Menarik Bunda Ketahui
Jakarta - Saat hamil, Bunda sering merasakan gerakan janin di kandungan? Itu terjadi karena perkembangan otak janin yang menghasilkan gerakan refleks, Bun. Sebenarnya, perkembangan otak janin sudah mulai terbentuk di trimester awal kehamilan.

"Saat usia enam minggu kehamilan, saraf tulang belakang sudah mulai terbentuk dan sistem saraf dasar pertama kali mulai berkembang. Meskipun pada minggu ke-delapan, aktivitas otak belum sempurna," kata Dr.Tomas Ryan, asisten profesor bagian saraf di Trinity College Dublin, dikutip dari Irish Times.

Menurut Ryan, pembentukan otak dimulai pada trimester awal untuk menentukan perkembangan selanjutnya di trimester kedua dan ketiga. Pada trimester kedua, perkembangan otak sudah memasuki fase yang lebih tinggi karena strukturnya sudah hampir terbentuk sempurna.


"Memasuki usia kehamilan 12 sampai 16 minggu atau trimester kedua, struktur dan fungsi otak semakin berkembang," ujar Ryan.

Janin dalam foto USGJanin dalam foto USG/ Foto: iStock

Dilansir What To Expect, setelah 16 hari pembuahan, lapisan saraf janin sudah mulai terbentuk. Pertumbuhannya membutuhkan waktu yang lama untuk mulai membentuk tabung saraf. Setelah tabung saraf menutup, sekitar minggu ke-enam dan ke-tujuh kehamilan, bagian otak akan terbentuk, yaitu otak depan, tengah, dan belakang.

Tidak lama setelah terbentuk, otak bagian belakang akan membantu membentuk saraf tulang belakang janin. Saat itu juga terbentuk bagian-bagian lain seperti, otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), batang otak, kelenjar hipofisis, dan hipotalamus.


Pada trimester awal kehamilan, sel-sel saraf mulai terbentuk. Sistem saraf janin terdiri dari jutaan neuron, masing-masing sel mikroskopis dari neuron dan saraf memiliki banyak cabang yang terhubung dan berkomunikasi. Itulah awal mula datangnya refleks pertama janin yang mulai menggerakkan organ tubuhnya.

Gerakan janin yang paling cepat terjadi pada minggu ke-delapan kehamilan. Nah, pada akhir trimester awal kehamilan, janin semakin sering bergerak, tapi gerakannya belum bisa dirasakan ya, Bun. Gerakan baru mulai dirasakan saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.

Saat pertama kali menggerakkan anggota tubuhnya, janin juga mulai mengembangkan indra perasanya lho, Bun, karena indra perasa terbentuk dari perkembangan otak janin.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi