kehamilan

Perkembangan Organ Janin di Usia 4 - 8 Minggu Kehamilan

Annisa Karnesyia Jumat, 22 Mar 2019 16:35 WIB
Perkembangan Organ Janin di Usia 4 - 8 Minggu Kehamilan
Jakarta - Masa awal kehamilan adalah masa kritis bagi perkembangan janin, Bunda. Banyak wanita tidak menyadari dirinya hamil setelah usia kandungannya melebihi empat minggu. Padahal, di masa itulah Bunda harus menjaga kondisi janin.

Dilansir Mother to Baby, empat minggu pertama kehamilan adalah periode 'penting' karena sedikit saja gangguan dari luar kandungan akan menyebabkan kerusakan sel-sel janin yang akan mulai berkembang menjadi organ tubuh. Bila kerusakan terus dibiarkan, akan menyebabkan dampak fatal berupa keguguran.

Susan Yates dalam buku Pregnancy and Childbirth: A Holistic Approach to Massage and Bodywork mengatakan, sistem organ mulai terbentuk dan perkembangannya sudah mulai menyerupai karakteristik organ yang sebenarnya pada usia kehamilan 4 sampai 8 minggu. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mulai menjaga kehamilannya karena ini adalah periode paling rentang pada awal kehamilan.


"Pada periode ini rentan terjadi gangguan dan kelainan bawaan yang serius jika janin terkena dampak negatif. Untuk itu, ibu hamil harus bisa mempersiapkan segalanya termasuk nutrisi dan gizi pada janin serta mulai menjaga kondisi tubuh," ujar Yates.


Berikut adalah perkembangan organ tubuh janin di usia 4 sampai 8 minggu kehamilan menurut Yates.

Minggu ke-4

Ujung tungkai atas mulai muncul, diikuti perkembangan tungkai bawah dan jantung. Beberapa organ tubuh yang mulai berkembang juga menunjukkan fungsinya.

Minggu ke-5

Perkembangan otak terjadi begitu cepat pada minggu ke-lima. Begitu juga perbesaran organ di kepala. Organ jantung juga mulai berdetak sekitar 150 detak per menit.

Minggu ke-6

Sendi-sendi pada tungkai atas sudah mulai terbentuk dan aliran darah di leher ke kepala sudah berkembang. Begitu pula sistem pencernaan dan refleks menyentuh. Pada minggu ke-enam, struktur bentuk wajah mulai terbentuk, termasuk mata dan hidung.

Minggu ke-7

Organ tangan mulai terbentuk, begitu pula perkembangan organ lainnya seperti paru-paru, organ pencernaan, dan pembentukan kelenjar kelamin. Untuk area wajah, selain mata dan hidung, mulai terbentuk bagian mulut dan bulu mata.

Minggu ke-8

Janin sudah mulai bergerak dalam kandungan, namun ibu belum bisa merasakannya. Organ tangan dan kaki semakin berkembang serta jari-jari tangan sudah muncul.

Janin di usia 8 minggu sudah memiliki sekitar 1.000 sel yang hampir sempurna. Selain itu, alat kelamin eksternal sudah muncul meskipun belum bisa dilihat jenis kelamin janin.

Nah, jika Bunda sudah merasakan tanda awal kehamilan, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikannya ya. Dikhawatirkan, ketika Bunda terlambat tahu sedang hamil, organ-organ janin sudah mulai berkembang tapi asupannya belum terpenuhi.


[Gambas:Video 20detik]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi