kehamilan

Perkembangan Janin di Minggu ke-5 Sampai ke-8 Kehamilan

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 23 Mar 2019 14:58 WIB
Perkembangan Janin di Minggu ke-5 Sampai ke-8 Kehamilan
Jakarta - Yeay! Usia kehamilan Bunda sudah memasuki usia satu bulan atau minggu ke-5 nih. Pastinya penasaran ya, Bun, perkembangan apa saja yang sudah dialami si kecil.

Minggu ke-5 masih termasuk trimester pertama kehamilan. Agar kehamilan di trimester pertama ini berjalan sehat, dr.Khanisyah Erza Gumilar, Sp.OG, menyebut ada tiga hal yang baiknya tidak dilakukan ibu. Pertama, jangan naik turun tangga. Kedua, ibu jangan mengangkat beban yang berat, walaupun ukuran berat pada setiap orang berbeda.

"Ketiga kalau mau berhubungan seks kondisi ibu jangan ada masalah. Kalau aktivitas seks dirasa memberatkan maka bisa memanipulasi mulut rahim sehingga memicu kontraksi," kata Erza dilansir detikcom.



Nah, Bunda, berikut ini perkembangan janin di minggu ke-5 sampai ke-8 kehamilan yang menarik diketahui, seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber:

Minggu ke-5

Bentuk embrio menyerupai berudu dan sebesar lada, dengan panjang 1,27 cm dan berat 11,3 gram. Embrio memiliki tiga lapisan: ektoderm luar, yang akan membentuk sistem saraf, telinga, mata, telinga bagian dalam dan banyak jaringan ikat; endoderm atau lapisan dalam yang akan tumbuh jadi organ dalam seperti paru-paru, usus dan kandung kemih; mesoderm tengah, yang pada akhirnya akan membuat jalan bagi jantung dan sistem peredaran darah.

Gumpalan tangan dan kaki bertambah panjang. Otak, bintik hitam mata, bibir, hidung, dan lapisan kulit juga mulai terbentuk. Tabung saraf sudah mulai berkembang juga lho.

Minggu ke-6

Di minggu ini, janin dilindungi cairan amnion dan ukurannya seperti biji delima dengan panjang 0,8 cm dan berat sekitar 1,13 gram. Kedua gumpalan cikal bakal tangan menyerupai 5 jari. Janin sudah bisa menggerakkan kepala dan tangan perlahan. Jantungnya sudah berdetak dengan ritme teratur.

Di minggu ini Bunda mungkin merasakan 'sentuhan' hormonal dan morning sickness, serta perasaan lelah. Ini memang normal terjadi terutama karena ada perubahan hormon Beta hCG di dalam tubuh Bunda saat hamil.

Ilustrasi perkembangan janinIlustrasi perkembangan janin/ Foto: iStock
Minggu ke-7

Di minggu ke-tujuh, berat embrio berkisar 0,4-0,5 gram dengan panjang 1,27 cm. Rongga mulut dengan cikal bakal gigi dan sel yang akan jadi lidah mulai muncul. Ukuran otaknya pun meningkat. Tulang keras dan rawan mulai terbentuk.

Otak si kecil juga tumbuh lebih kompleks. Tunas anggota si kecil juga mulai tumbuh dan terlihat seperti sirip kecil. Telinga luar bayi mulai terbentuk dan sudah terbentuk persendian di siku, pergelangan tangan, serta lutut. Kelopak matanya juga hampir sempurna.

Minggu ke-8

Di usia kehamilan minggu ke-delapan, jantung calon bayi mulai lengkap dengan 4 rongga dan katup. Lalu, mulai berkembang tonjolan yang membentuk paru-paru, saluran ginjal, saluran kencing, alat kelamin dan anus.



Organ dalam bayi sudah ada di tempatnya dan semua struktur utamanya mulai terbentuk. Kepala bayi tumbuh dengan cepat guna membuat ruang untuk otak yang sedang membesar. Lalu, lehernya mulai berkembang dan primeval tail (ekor primitif yang terdapat pada janin) mulai menghilang.

Ukuran janin di minggu ini menyerupai raspberry atau kacang merah, dengan panjang 1,6 cm dan berat 1,13 gram. Fitur wajah bayi jadi lebih halus dengan telinga, bibir atas dan hidung yang terlihat jelas. Kelopak mata juga terbentuk untuk pertama kalinya.


[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi