sign up SIGN UP search


kehamilan

Janin di Kandungan Ternyata Bisa Menangis, Simak Penyebabnya Bun

Asri Ediyati Kamis, 07 Oct 2021 07:07 WIB
3D Ultrasound image caption
Jakarta -

Ketika masuk trimester 3 kehamilan, aktivitas janin dalam kandungan bisa meningkat nih, Bunda. Nah, selain aktivitas meningkat di periode ini, ternyata bayi bisa menangis di dalam rahim, lho.

Mengutip buku Hamil Tanpa Galau karya Teman Bumil, janin bisa menangis saat usia kehamilan 26 minggu. Eits.. tangisan bukan berarti bayi sedang sedih. Justru, janin menangis dalam kandungan bisa menandakan dia berkembang dengan baik.

Menangis ternyata bukanlah hal yang sederhana bagi janin. Untuk bisa menangis, janin membutuhkan tenaga ekstra dari organ-organ tubuhnya yang sedang berkembang.


Menurut Bidan dan Perawat Anak Chaunie Brusie, RN, banyak hal bisa menyebabkan tangisan janin. Agar bisa menangis, bayi dalam kandungan membutuhkan banyak koordinasi antara berbagai sistem dalam tubuh, termasuk otot wajah hingga sistem pernapasannya.

"Hal utama yang dibutuhkan untuk bayi menangis adalah suara," kata Brusie, dilansir Very Well Family.

Studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Acta Paediatrica menunjukkan bahwa ada komponen non-vokal dan vokal untuk bisa menangis. Jadi, ketika bayi mulai belajar menangis dalam rahim, mereka seperti menunjukkan komponen no-vokal dari tangisan.

Tangisan janin dalam kandungan adalah tonggak perkembangan yang penting. Artinya, sistem saraf dan tubuhnya bekerja dengan baik untuk menciptakan satu siklus tangisan, mulai dari menangis hingga berhenti.

Janin Menangis di KandunganJanin Menangis di Kandungan/ Foto: Mia Kurnia Sari

Tangisan bayi dalam kandungan juga berbeda ketika dia lahir, Bunda. Bayi baru lahir menangis karena mekanisme bertahan, yakni membutuhkan sesuatu atau ingin dilindungi.

Sedangkan di dalam kandungan, bayi bisa menangis karena sedang melakukan suatu gerakan. Tangisan mungkin bisa terdeteksi di ultrasonografi (USG) dan dilihat dari daerah wajah, termasuk mulut dan gerakan napasnya.

Janin menangis dalam kandungan juga bukan berarti dia merasa kesakitan, lho. Lantas apa penyebabnya? Baca halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga 4 kelebihan berhubungan seks saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB JANIN MENANGIS DALAM KANDUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!