Sign Up search


kehamilan

Capai Klimaks Saat Bercinta, Bunda Lebih Berpeluang Hamil?

Muhayati Faridatun Jumat, 29 Mar 2019 21:05 WIB
Capai Klimaks Saat Bercinta, Bunda Lebih Berpeluang Hamil?
Jakarta - Sebagian perempuan meyakini kalau mencapai klimaks, atau orgasme setelah pasangan ejakulasi, membuka peluang untuk hamil. Benar enggak sih? Simak penjelasannya ya, Bun.

Melansir dari Baby Center, tidak ada bukti yang mendukung anggapan bahwa orgasme akan memberi peluang Bunda cepat hamil. Faktanya, orgasme perempuan tidak diperlukan untuk pembuahan, Bun.

Hanya saja, ada kemungkinan kalau kontraksi rahim dari orgasme bisa mendorong sperma menuju saluran tuba. Perlu Bunda ketahui, rahim pun berkontraksi tanpa sadar sekalipun Bunda tidak berhubungan seks, terutama saat waktu ovulasi.



Nah, enggak sedikit juga yang beranggapan kalau perempuan jarang orgasme jadi pertanda susah hamil. Padahal, menurut penjelasan dr.Andon Hestiantoro, Sp.OG(K), proses orgasme dan kehamilan tidak saling memengaruhi.

"Salah ya, kalau kita berpikir, tidak orgasme saat melakukan hubungan seksual, maka tidak bisa hamil," kata Andon, dikutip dari detikcom.

"Untuk wanita, proses kehamilan itu bergantung pada ovulasi atau tingkat kesuburan, bukan karena orgasme," tegasnya.

Andon memastikan, tidak semua perempuan mengalami orgasme saat bercinta. Jadi, Bunda tetap memiliki peluang hamil kapan saja, selama periode menstruasi teratur.


Selain itu, ulasan berjudul Sex positions for baby-making di Baby Center juga memaparkan, waktu bercinta menjadi salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan Bunda untuk hamil.

Sebagian besar perempuan memiliki masa subur paling lama enam hari di setiap siklus, atau disebut jendela kesuburan. Disebutkan juga, jendela kesuburan ini terbuka lima hari sebelum ovulasi dan tertutup pada saat ovulasi.

Bunda, simak juga penjelasan dampak kurang tidur pada siklus menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi