Sign Up search

kehamilan

Durasi Bercinta Bantu Bunda Cepat Hamil? Simak Faktanya

Yuni Ayu Amida Senin, 01 Apr 2019 21:00 WIB
Durasi Bercinta Bantu Bunda Cepat Hamil? Simak Faktanya
Jakarta - Segala cara akan dilakukan pasangan yang sedang menginginkan cepat hamil. Bercinta secara rutin, bahkan mencoba berbagai gaya, mungkin jadi salah satu upaya yang dianggap ampuh untuk cepat dapat momongan. Namun, apakah durasi bercinta memengaruhi terjadinya kehamilan?

Dikatakan dr.Yuslam Edi Fidianto, Sp.OG, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, durasi bercinta tidak memengaruhi peluang kehamilan, Bun. Ia menambahkan, durasi itu tergantung kekuatan, sedangkan yang memengaruhi kehamilan adalah masa subur Bunda.

"Durasinya enggak ada, yang penting pada saat ejakulasi, itu pada saat telurnya sudah ovulasi, sudah pecah," jelas Yuslam kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Nah, untuk mengetahui masa subur bisa dimonitor dengan tes ultrasonografi (USG), maupun hormon. Pastinya dengan bantuan medis ya, Bun.

"Makanya, kalau program punya anak ditentukan waktunya, ini pas waktunya subur, tanggal sekian, jam sekian kira-kira, dengan parameter-parameter," terang Yuslam.

Ilustrasi hubungan seks suami istri/ Ilustrasi hubungan seks suami istri/ Foto: iStock
Tapi, selain dari bantuan medis tersebut, menurut Paula Hillard, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Stanford University School of Medicine di Palo Alto, California, untuk mengetahui masa subur, perempuan harus memahami siklus haidnya.

Ovulasi terjadi ketika telur yang matang dilepaskan dari ovarium, didorong menuju tuba falopi dan siap dibuahi. Lapisan rahim mengental untuk mempersiapkan telur yang akan dibuahi. Jika pembuahan tidak terjadi, lapisan rahim serta darah akan keluar dalam bentuk menstruasi.

"Perempuan harus memahami siklus haidnya. Menyadari gejala ovulasi seperti perubahan lendir pada rahim, yang berbentuk cairan encer, akan membantu perempuan mengenali masa suburnya. Ini adalah waktu untuk fokus pada berhubungan seks," kata Hillard, dikutip dari detikcom.


Tapi Bun, dibalik segala usaha tersebut, ada hal yang paling penting yang diungkapkan Yuslam, agar Bunda bisa segera memiliki momongan, yakni berdoa sebelum bercinta. Karena biar bagaimana pun, usaha tanpa doa bisa jadi sia-sia.

"Sebelum berhubungan, berdoa harus, kan yang menjadikan itu bukan kita tapi Tuhan, harus minta," tuturnya.


Bunda, simak juga ulasan tentang pil KB bikin gemuk atau enggak, selengkapnya di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi