kehamilan

Bumil, Kenali Cara Atasi Ambeien Seperti Dialami Romahurmuziy

Asri Ediyati Sabtu, 06 Apr 2019 18:35 WIB
Bumil, Kenali Cara Atasi Ambeien Seperti Dialami Romahurmuziy
Jakarta - Tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama yang juga eks Ketum PPP, M Romahurmuziy, diantarkan ke RS Polri karena mengeluh BAB berdarah. Romahurmuziy yang akrab disapa Rommy disebut mengalami ambeien parah.

"Ya, Mas MR (M Romahurmuziy) menderita gangguan serius atau parah pada ambeiennya dan juga gangguan pernapasan," kata Sekjen PPP Arsul Sani seperti dilansir detikcom.

Arsul menyebut, ambeien memang sudah dialami Rommy sejak lama. "Kalau soal ambeien itu sudah akut lama," ujarnya.


Kita tahu ambeien bisa dialami siapa saja, terutama ibu hamil yang cukup rentan mengalami kondisi ini, Bun. Ambeien merupakan pembuluh darah rektum (ujung usus besar) yang membengkak dan biasanya menimbulkan nyeri. Sayangnya, ambeien sering muncul pada ibu hamil di trimester akhir.


Menurut American Pregnancy Association (APA), ambeien sangat berkaitan dengan konstipasi alias sulit buang air besar. Ibu hamil mengalami konstipasi ditambah tekanan dari rektum dan perineum, terjadilah ambeien atau wasir.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Menurut Robert Jasmer, MD, associate professor dari University of California di San Francisco (UCSF), ibu hamil perlu minum banyak air mineral.

"Selain itu, gunakan toilet jika merasa ingin BAB, menahannya malah membuat ibu konstipasi. Lalu, jangan duduk atau berdiri dalam waktu yang lama," kata Jasmer dikutip dari Everyday Health.

Bila perlu, jika Bunda mulai mengalami konstipasi segera konsultasi ke dokter untuk menggunakan obat yang melembutkan feses. Jangan lupa untuk melakukan olahraga kegel guna menguatkan otot pelvis yang bisa melancarkan peredaran darah di rektum.


Kalau Bunda sudah telanjur mengalami ambeien, APA menyebutkan ada lima cara untuk mengatasinya nih, Bun.

1. Letakkan baking soda (basah atau kering) di area munculnya ambeien untuk mengurangi rasa gatal
2. Mandi air hangat dengan baking soda yang dimasukkan di dalam air
3. Gunakan witch hazel (jenis tanaman) untuk mengurangi pembengkakan atau pendarahan
4. Hindari duduk dalam waktu lama
5. Gunakan bantalan khusus di bokong ketika duduk.

Tentunya kelima cara tersebut harus dikonsultasikan dulu ke dokter kandungan Bunda ya.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi