kehamilan

Cerita Asri Welas Kekurangan Air Ketuban di Kehamilan Ketiganya

Yuni Ayu Amida Rabu, 10 Apr 2019 09:02 WIB
Cerita Asri Welas Kekurangan Air Ketuban di Kehamilan Ketiganya
Jakarta - Di kehamilan ketiganya saat ini, Asri Welas mengalami masalah. Istri Gallech Ridha Rahardja ini mengaku jumlah air ketuban dalam kandungannya kurang saat memasuki usia 8 bulan kehamilan. Loh kok bisa ya, Bun?

Ternyata, hal itu disebabkan oleh aktivitas kerjanya yang padat. Sehingga membuatnya harus menambah porsi makan dan minum, Bun.

"Jadi akibatnya memang sibuk, enggak dirasakan, sehingga kemarin aku dan suamiku periksa, air ketubanku nih harusnya sepuluh, ini enam, jadi kurang banyak airnya, sehingga saya harus makannya lebih banyak, minumnya juga lebih banyak," ujar Asri dikutip dari InsertLive.



Asri menyadari, faktor usia yang tak lagi muda juga jadi penyebab kandungannya bermasalah. Itu sebabnya, dokternya menyarankan agar Asri memperbanyak minum dan makan makanan bergizi.

"Karena memang umur, aku kan menjelang 40 ya, jadi peredaran berkurang, sehingga aku harus minum air tuh tiga liter sehari, kemudian makannya juga harus seperti monster, aku sih merasa sudah makan banyak, tapi ternyata dokter bilang kurang," tutur Asri.

Pemain film Cek Toko Sebelah ini juga menuturkan bahwa dia tidak terlalu merasa capek kerja. Namun, lebih kepada nafsu makannya berkurang. Asri sendiri paham bahwa air ketuban sangat penting untuk kehamilannya, maka dalam waktu dekat ini dia berencana untuk cek ke dokter lagi.

"Capek enggak, tapi memang enggak mau makan, makanya nanti hari Jumat saya harus periksa lagi, kalau memang air ketubannya terus berkurang, saya harus operasi cepat, harus dikeluarkan cepat, karena bahaya untuk sirkulasi ke otak anak," kata wanita kelahiran Jogya ini.

Asri WelasFoto: Asri Welas / Dyah P Saraswati
Asri Welas

Demi keselamatan kandungannya, wanita lulusan Universitas Indonesia ini pun berencana untuk mengurangi jadwal syutingnya yang padat. Dia merasa harus fokus pada kandungannya agar tidak terjadi apa-apa.

"Tapi di minggu depan kalau memang ketubannya sudah sedikit, saya harus operasi cepat, jadi maju dua minggu kalau ada apa-apa, sebenarnya masih tiga minggu lagi, tapi karena permasalahan itu dokter tidak mau ambil resiko," urai Asri.

Kurangnya air ketuban pada ibu hamil dapat disebabkan beberapa faktor, Bun. Dijelaskan dr.Tirsa Verani, SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital, sebab pertama bisa terjadi karena keputihan yang umum terjadi pada bumil.

"Jadi bisa saja itu keputihan. Keputihan menyebabkan air ketuban merembes secara sedikit-sedikit dan seringkali bumil nggak sadar kalau air ketubannya merembes," tutur Tirsa dikutip dari detikcom.

Faktor kedua bisa terjadi karena adanya kelainan pada organ janin. Untuk yang satu ini, dokter harus melakukan pemeriksaan menyeluruh melalui ultra sonografi (USG) untuk melihat adanya kemungkinan kelainan organ pada janin.


Kata Tirsa, jika hasil dari dua pemeriksaan di atas negatif, mungkin masalahnya ada pada bumil. Yaitu karena nutrisi serta gizi ibu hamil yang kurang terpenuhi.

"Harus dilihat juga kecukupan gizinya. Perbanyak makanan sehat, karena bisa saja nutrisinya yang kurang sehingga produksi air ketuban sedikit. Minum air putih lebih banyak juga dapat membantu," tandasnya.

Semoga Bunda Asri dan calon bayinya selalu sehat ya!

[Gambas:Video 20detik]

(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi