kehamilan

Hamil Anak Ketiga, Asri Welas Belajar dari Pengalaman Gibran

Maya Sofia Senin, 25 Mar 2019 20:06 WIB
Hamil Anak Ketiga, Asri Welas Belajar dari Pengalaman Gibran
Jakarta -

Kejadian yang menimpa sang buah hati, Rayyan Gibran Ridharaharja, menjadi pelajaran berharga bagi entertainer Asri Welas. Seperti Bunda tahu, anak kedua Asri yang biasa disapa Ibran teserang katarak saat usia tiga bulan.


Kini, Asri yang tengah hamil anak ketiga berusaha lebih detail saat melakukan pemeriksaan janin. Usia kehamilan Asri saat ini akan memasuki delapan bulan.

"Prediksi kalau enggak April, Mei. Memang caesar. Doktornya belum tahu due-nya kapan. Cuma harus matang dahulu di kandungan karena dia memperhatikan janin sekali," ujar Asri dikutip dari insertlive.

Ketika pemeriksaan di trimester pertama, Asri sempat mengalami kekurangan zat besi. Ia pun harus melakukan transfusi zat besi tiga ampul. Sementara hasil pemeriksaan di trimester kedua menunjukkan bahwa zat besi Asri sudah cukup.

"Cuma minum vitamin saja. Jadi enggak ada yang mengkhawatirkan. Di trimester ketiga mudah-mudahan enggak kenapa-kenapa," tuturnya.

Berbekal pengalaman anak keduanya yang terkena katarak, perempuan berusia 40 tahun ini mengaku lebih memperhatikan dengan seksama kondisi janin.

[Gambas:Instagram]


"Saya enggak mau missed sama sekali. Bukan cuek yang Gibran kemarin, kurang detail pemeriksaan. Saya enggak mau missed saja. Belajar dari kemarin," kata Asri.

Menurut Asri, katarak sebetulnya bisa dideteksi dari saat kehamilan. Jika mata janin terlihat putih saat USG 4 dimensi maka bayi lahir dengan katarak.

"Itu missed kemarin. Jadi sekarang saya lebih detail. Dokternya juga ahli janin. Dia memperhatikan apa kebutuhan janin," ucap pemilik nama asli Asri Pramawati.

Berbicara tentang katarak pada anak baru lahir, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mendeteksinya. Menurut dr.Yasmin Sani A, SpM, dokter spesialis mata dari Universitas Brawijaya, Malang, tanda bayi mengalami katarak adalah bayi tampak kurang merespons cahaya.

"Gejala lainnya adalah ada manik mata yang bewarna putih atau seperti 'mata kucing'," ujar Yasmin, dikutip dari detikcom.

Sementara itu Wakil ketua Komite Mata Nasional (KOMATNAS), dr Aldiana Halim, Sp.M(K), menjelaskan jika katarak sudah ada sejak bayi lahir, di mata si kecil akan terlihat bintik putih di mata. Namun, baru di usia sekitar 2 bulan anak bisa merespons cahaya atau tidak, sehingga tes penglihatan baru bisa mendiagnosis.


"Ketika menemukan ciri-ciri katarak pada bayi saat usia 2 bulan, segera bawa ke dokter agar bisa dilakukan tindakan operasi katarak," kata Aldiana kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video 20detik]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi