kehamilan

Kesedihan Asri Welas Saat Harus Melahirkan Lebih Cepat

Yuni Ayu Amida Sabtu, 13 Apr 2019 07:00 WIB
Kesedihan Asri Welas Saat Harus Melahirkan Lebih Cepat
Jakarta - Artis Asri Welas sedang bersedih, Bun. Ia harus bersalin lebih cepat dari hari perkiraan lahir (HPL).

Ya, kandungan Asri bermasalah. Ada sesuatu yang mengharuskan ibu dua anak ini dirawat di rumah sakit jelang persalinan.


Melalui unggahan video di akun Instagram @asri_welas, wanita 40 tahun ini mengatakan, dia baru saja memeriksa kandungannya ke dokter. Tak disangka, dokter memutuskan agar Asri dirawat.


Wanita kelahiran Yogyakarta tersebut tak lupa meminta doa agar dia dan kandungannya baik-baik saja, sehingga proses persalinannya nanti berjalan lancar.

"Prediksi melahirkan 29 April, tapi ternyata harus maju karena sesuatu hal. Doakan supaya Asri baik-baik, bayinya juga baik-baik. Mudah mudahan Asri akan operasi di dua tiga hari ini untuk melahirkan," kata Asri, sambil meneteskan air mata.

[Gambas:Instagram]


Rencananya Asri akan menjalani operasi pada Senin pagi (15/04/2019). Saat ini, ia ditemani sang suami, Galiech Ridha Rahardja, di rumah sakit.

Asri menuturkan bahwa ia juga sudah diinfus untuk menambah air ketuban yang kurang serta disuntik untuk menguatkan paru-paru bayi.

"Doakan lancar operasi Senin pagi. Dua hari ini dikuatkan bayiku untuk siap lahir nanti," ucapnya.

Ya, meski dokter telah memiliki prediksi kapan Bunda melahirkan, namun hari kelahiran bisa saja maju bahkan mundur dari tanggal tersebut.

Menurut direktur eksekutif Women's Service di Memorial Health University Medical Center, Savannah, Iffath Hoskins, MD, untuk menghitung tanggal bersalin, umumnya dokter akan mengambil hari pertama haid terakhir, kemudian ditambahkan waktu 280 hari.

Namun, metode ini digunakan jika siklus haid normal yakni setiap 28 hari. Jika siklus haid lebih lama, maka tanggal persalinan bisa mundur dari waktu yang ditentukan. Sebaliknya, jika siklus haid lebih pendek, tanggal persalinan bisa maju.

"Jika ukuran itu tidak sesuai dengan prediksi berdasarkan hari pertama haid terakhir, tanggal persalinan bisa disesuaikan. Tapi ingat, kebanyakan bayi jarang lahir tepat di tanggal yang ditentukan. Sebab, bagaimanapun masing-masing bayi dan kondisi rahim ibu berbeda-beda," tutur Hoskins, dikutip dari detikcom.


Selain itu, kata Hoskins, hal yang mungkin memengaruhi maju atau mundurnya waktu kelahiran dari tanggal yang diprediksi adalah apa yang terjadi pada si ibu di kehamilan sebelumnya. Jika Bunda baru pertama kali melahirkan, sejarah yang terjadi pada orang tua ketika melahirkan bisa terulang pada Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi