kehamilan

Perawatan Gigi yang Diperbolehkan untuk Ibu Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 27 May 2019 20:03 WIB
Perawatan Gigi yang Diperbolehkan untuk Ibu Hamil
Jakarta - Saat hamil, Bunda sering merasa sakit gigi enggak sih? Peningkatan hormon progesteron memang bisa menyebabkan gigi ibu hamil sakit, Bun. Bahkan, kadang-kadang disertai dengan gusi yang membengkak dan meradang.

Meskipun sakit bukan kepalang, tapi ada Bunda yang masih takut lho memeriksakan kesehatan gigi ke dokter. Mereka berpikir jika pemeriksaan gigi bisa mempengaruhi kesehatan janin mereka.


Jangan percaya sama mitos itu, Bun, karena memeriksakan gigi selama kehamilan ternyata sangat dianjurkan.


Melansir Mouthhealthy, pemeriksaan gigi selama kehamilan merupakan tindakan yang aman dan penting dilakukan demi kesehatan gigi, Bun. Bunda tidak perlu khawatir menjalani prosedur perawatan gigi selama kehamilan.

Biasanya, selain perawatan dan pembersihan, dokter gigi juga akan membantu Bunda mengatasi permasalahan gigi selama kehamilan lho. Seperti direkomendasikan American Dental Association, American Congress of Obstetricians and Gynecologist, dan American Academy of Pediatrics yang mendorong semua wanita mendapatkan perawatan gigi saat hamil.

Perawatan Gigi yang Diperbolehkan untuk Ibu HamilPemeriksaan gigi saat hamil/ Foto: iStock

"Ini merupakan fase yang penting dalam kehidupan Bunda dan menjaga kesehatan mulut secara langsung terkait dengan kesehatan yang baik secara menyeluruh," kata Aharon Hagai, D.M.D.

Peningkatan kadar hormon selama kehamilan dapat menyebabkan gusi membengkak, berdarah, dan menjebak makanan dimana dapat meningkatkan iritasi pada gusi, Bun. Untuk itu, pemeriksaan gigi selama kehamilan sangatlah dianjurkan, seperti dikutip dari laman American Pregnancy.

Di luar itu, penambalan gigi berlubang ataupun mahkota, harus dirawat untuk mengurangi kemungkinan infeksi. Sedangkan untuk tindakan paling aman adalah dengan menunda semua perawatan gigi yang tidak perlu usai kelahiran.


Perawatan gigi darurat yang harus segera dilakukan, seperti saluran akar atau pencabutan gigi diperbolehkan. Sementara perawatan seperti pemutihan gigi dan prosedur estetika gigi lainnya biasanya akan ditunda sampai setelah melahirkan. Jadi, enggak perlu khawatir berlebihan karena dokter gigi pasti akan merekomendasikan yang terbaik demi kesehatan gigi serta kehamilan Bunda.

Semoga membantu ya!

Simak juga resep memutihkan gigi hanya dengan bahan alami seperti penjelasan dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi