sign up SIGN UP search


kehamilan

Saat Hamil Bunda Sering Sakit Gigi, Akibat Stres atau Hormon ya?

Asri Ediyati Minggu, 11 Oct 2020 08:11 WIB
Child having a dental examination caption
Jakarta -

Sakit gigi merupakan salah satu masalah yang umum dialami ibu hamil. Menurut drg.Zaky Aulia, Sp.Ort., penyebab utama ibu hamil sering sakit gigi adalah hormon kehamilan.

Bahkan untuk mengetahui penyebab utamanya, ibu hamil yang mengalami sakit gigi karena hormon ini memerlukan diagnosa khususnya. Sedangkan untuk gejalanya, ibu hamil yang sering sakit gigi biasanya mengalami pembengkakan gusi, Bunda.

"Jadi hormon kehamilan tersebut mempengaruhi kesehatan mulut. Dan efeknya macam-macam," kata Zaky di Instagram Live HaiBunda Tanya Expert, baru-baru ini.


Apakah masalah gigi pada ibu hamil perlu ditangani segera? Biasanya dokter kandungan akan memberikan arahan untuk kontrol langsung ke dokter gigi sebelum kehamilannya sudah makin besar.

Zaky mengatakan kalau misalnya gigi ibu hamil tetap ngilu, sementara sekarang lagi pandemi Corona, mau enggak mau harus tetap diperiksakan ya. Nantinya akan dilihat oleh dokter, perlu ditindak atau ibu hamil dianjurkan menjaga kesehatan, atau diresepkan obat-obatan yang ringan saja.

"Tapi yang jelas orang hamil ada hormon yang membuat giginya lebih sensitif, lebih ngilu," kata Zaky.

Adakah upaya pencegahannya? Jadi hubungannya ke banyak hal, lebih baik menjaga makan dan kesehatan. Kalau memang giginya bermasalah, alangkah baiknya diperiksa sendiri lagi aktivitas hariannya.

"Sehari ini kita kecapekan enggak ya, kemarin tuh kecapekan atau enggak? Coba istirahat, makanya ibu hamil ada yang dianjurkan bed rest untuk istirahat. Itu adalah langkah pencegahan paling sederhana sebelum akhirnya kita memutuskan ke dokter gigi," ujarnya.

Jadi, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter gigi di era pandemi, sebaiknya ibu hamil tinjau lagi apakah sudah cukup istirahat, dan apakah makanan yang dikonsumsi malah memperburuk kondisi gigi atau tidak.

Semoga Bunda yang sedang hamil selalu sehat ya dan tidak mengalami gangguan pada giginya.

Simak juga manfaat bawang putih bisa redakan sakit gigi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi