kehamilan

Ciri-ciri Hamil yang Muncul di Usia 2 Bulan

Asri Ediyati Senin, 10 Jun 2019 13:07 WIB
Ciri-ciri Hamil yang Muncul di Usia 2 Bulan
Jakarta - Bulan kedua kehamilan dihitung dari minggu kelima hingga ke delapan. Banyak ibu yang merasakan hal sama dengan bulan pertama. Namun, bulan kedua adalah usia ketika embrio berubah menjadi janin.

Bunda akan melakukan kunjungan prenatal pertama dan pemeriksaan USG, serta kesehatan secara rutin. Menurut dr.Hari Nugroho Sp.OG., pada prinsipnya USG abdominal (dari perut) bisa mendeteksi bayi sejak usia kehamilan 6 atau 7 minggu. Demikian dikutip dari detikcom.

Terlepas dari itu, ternyata banyak hal yang terjadi di dalam tubuh saat hamil dua bulan. Tubuh dan pikiran Bunda mengalami transformasi, dan dalam segala hal, Bunda akan merasa benar-benar sedang hamil.



Berikut dilansir Mom Junctionciri-ciri hamil yang muncul di usia dua bulan.

1. Heartburn

Bayi yang sedang tumbuh memberikan tekanan ke perut yang menyebabkan heartburn dan refluks asam. dr. Leena Patankar dari Patankar Nursing Home menuturkan, heartburn selama kehamilan sebenarnya keluhan yang umum terjadi. Ini biasanya terjadi karena esofagitis refluks di mana isi (partikel makanan) dari perut kembali naik ke kerongkongan.

"Karena sifat asamnya itu dapat menyebabkan rasa terbakar di dada, yang umumnya dikenal sebagai heartburn," kata Patankar, dikutip dari Rediff.

2. Adanya sekresi vagina

Bunda akan melihat sekresi vagina sedikit putih yang lebih tebal dari biasanya. Cairan tersebut mungkin berbau tidak biasa atau aneh, tetapi perubahan ini normal.
Ciri-ciri Hamil yang Muncul di Usia 2 BulanFoto: shutterstock

3. Kulit bisa glowing atau bahkan berjerawat

Kulit akan berubah dan Bunda bisa berjerawat karena meningkatnya kadar hormon. Namun, beberapa wanita mungkin memiliki kulit yang glowing menjelang akhir bulan.

Perubahan kulit tak lain karena hormon kehamilan, HCG dan progesteron. Keduanya meningkatkan jumlah kelenjar minyak di wajah, membuat kulit lebih bersinar dan lebih halus. Selain itu volume darah meningkat, yang dapat membuat kulit sedikit memerah dan tembam.

4. Varises

Pada bulan kedua, tingkat hormon yang meningkat dan volume darah yang membengkak membuat pembuluh darah terlihat. Pembuluh darah muncul baik berwarna merah atau biru dan memutar, suatu kondisi yang disebut varises.


5. Lengan dan kaki bengkak

Bunda bisa saja mengalami pembengkakan di lengan dan kaki karena pasokan darah meningkat di bulan kedua.

6. Banyak makan

Mulai cepat lapar dan mengidam, itulah ciri umum yang terjadi di usia dua bulan kehamilan. Seorang ibu hamil membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra per hari. Tahan-tahan dulu untuk mengonsumsi camilan yang tidak bergizi seimbang.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi