kehamilan

Ciri-ciri Hamil Berdasarkan Perubahan Bentuk Perut

Maya Sofia Sabtu, 08 Jun 2019 18:01 WIB
Ciri-ciri Hamil Berdasarkan Perubahan Bentuk Perut
Jakarta - "Beneran hamil atau enggak ya?" Pertanyaan ini kerap dilontarkan bunda meski saat test pack menunjukkan hasil positif. Mengutip detikcom, sebetulnya tubuh memberikan tanda-tanda lho bahwa bunda sedang hamil.


Tapi tentu saja, tanda-tanda kehamilan ini berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Salah satu tanda yang diberikan tubuh adalah perubahan pada bagian payudara.

Perlu diketahui bahwa nyeri atau kesemutan pada payudara adalah salah satu gejala kehamilan paling umum. Selain itu, payudara akan membengkak dan menjadi sangat lembut serta sensitif.


Hanya saja perlu dicatat nih, Bun. Menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB.

Tak hanya payudara, perubahan fisik lainnya yang bisa dilihat secara langsung adalah perut yang semakin membesar.

Melansir dari Parents, perut akan terlihat sedikit membesar seperti baru saja makan banyak ketika kehamilan memasuki usia 11 pekan. Hal ini karena rahim bunda sudah seukuran jeruk.

Ciri-ciri Hamil dan Perubahan pada PerutCiri-ciri hami. (Foto: iStock)

Sementara itu di usia 12 pekan, perut memiliki ruang untuk membesar dan tekanan pada kandung kemih akan mulai sedikit mengendur. Hal tersebut membuat perut bunda akan terlihat sedikit bulat.

Meski demikian, perut bunda biasanya baru akan terlihat membesar seperti layaknya ibu hamil pada usia kandungan 17 pekan. Dari sini, rahim akan semakin membesar. Bahkan saat melahirkan nanti, ukurannya 1.000 kali lebih besar dari ukuran normal.

Nah, memasuki usia kandungan 19 pekan, biasanya keseimbangan tubuh bunda akan mulai goyah. Hal ini disebabkan karena perut bunda yang membesar telah mengubah pusat gravitasi. Dalam tahap ini, ibu hamil lebih rentan terpeleset atau jatuh.

Ciri-ciri hamilCiri-ciri hami. (Foto: iStock)


Meski demikian, secara tidak sadar bunda akan menyesuaikan gaya berjalan dan postur tubuh guna mengimbangi perut yang semakin membesar tersebut.

Kemudian di usia kandungan 25 pekan, umumnya perut akan terlihat membulat sempurna. Bagian tengah perut bunda akan lebih panjang dan lebar.


Jelang melahirkan atau ketika usia kandungan menginjak 36 pekan, apakah perut terasa lebih ringan? Tak perlu khawatir, Bun. Hal tersebut wajar dialami dan biasanya disebut dengan istilah 'dropping'. Perut akan semakin ringan seiring bayi mulai bergeser ke arah bawah.

[Gambas:Video Haibunda]




(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi