sign up SIGN UP search


kehamilan

Efektifkah Cegah Kehamilan dengan Berdiri Setelah Bercinta?

Melly Febrida Selasa, 16 Jul 2019 20:00 WIB
Berdiri usai bercinta dipercaya bisa mencegah kehamilan. Benarkah? caption
Jakarta - Pernah dengar enggak, Bun? Untuk mencegah kehamilan, Bunda harus langsung berdiri atau berjalan setelah berhubungan intim. Hmm, benarkah?

Dawn Stacey, PhD, LMHC, Licensed Mental Health counselor (LMH) yang juga Konselor Kehamilan mengatakan berdiri usai bercinta bisa mencegah kehamilan hanya mitos. Menurutnya, posisi seksual tidak dapat mencegah kehamilan. Namun salah satu rekomendasi yang masuk akal ketika mencoba untuk hamil adalah wanita tetap berbaring selama sekitar 30 menit.




"Itu dilakukan setelah berhubungan seks, dengan bantal di bawah pantat untuk mengangkat panggul. Ini memungkinkan gravitasi membantu menarik sperma ke bawah ke arah sel telur," kata Stacey dilansir Very Well Health.

Sedangkan apabila berdiri setelah berhubungan seks, gravitasi dapat membantu menarik sebagian sperma dari sel telur. Tapi, menurut Stacey, itu belum cukup mencegah kehamilan. Begitu pula ketika Bunda melompat-lompat, douching, membilas vagina setelah berhubungan seks, atau berhubungan seks di dalam air, belum tentu bisa mencegah kehamilan.

"Berada dalam posisi tegak saja tidak cukup mencegah kehamilan. Sperma dapat berenang melawan gravitasi karena pergerakannya cepat. Pada saat seorang wanita berdiri, jutaan sperma bergerak ke arah sel telur karena sperma bisa berenang ke segala arah," tambahnya.

Kata Stacey, satu-satunya cara mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan kontrasepsi. Meski demikian, ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan suatu metode kontrasepsi. Selalu ada risiko kegagalan dan terjadinya kehamilan.

Mengutip detikcom, Guttmacher Institute melaporkan kehamilan yang tak diinginkan (unintended pregnancy) pada dua-pertiga wanita yang menggunakan kontrasepsi secara konsisten dan dengan cara benar sekitar lima persen.

ilustrasi cegah kehamilanilustrasi cegah kehamilan/ Foto: Thinkstock
Sedangkan, pada wanita yang tidak konsisten memakai kontrasepsi, 43 persennya mengalami kehamilan tak diinginkan.

Simak juga cerita Nadia Mulya empat kali hamil dan melahirkan di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi