kehamilan

Salah Satu Mimpi Melahirkan Aneh Bumil: Bersalin di Tempat Sampah

Melly Febrida Senin, 29 Jul 2019 11:35 WIB
Salah Satu Mimpi Melahirkan Aneh Bumil: Bersalin di Tempat Sampah
Jakarta - Sewaktu hamil terkadang saya sering mimpi yang aneh-aneh, Bun. Misalnya mimpi kehilangan bayi atau meninggal. Mimpinya itu seperti nyata dan kalau sedih jadi kepikiran apa mimpi itu ada artinya.

Lauri Quinn Loewenberg, analis mimpi dan penulis buku Dream On It: Unlock Your Dreams, Change Your Life, mengatakan mimpi yang aneh sewaktu hamil mencerminkan kecemasan kita ketika akan menjadi orang tua.




"Kehamilan adalah waktu yang menakutkan, mendebarkan, dan emosional. Nah, mimpi kita mencerminkan semua pikiran dan ketakutan yang dialami yang mungkin tidak selalu diungkapkan," jelas Loewenberg mengutip Momtastic.

Menurut Loewenberg, mimpi-mimpi itu juga membantu calon orang tua mempersiapkan diri perlahan-lahan untuk beralih ke pola pikir seorang ibu. Dalam kehamilan, kata Loewenberg, ada beberapa mimpi yang umum dialami ibu hamil. Salah satunya melahirkan di tempat sampah

"Mimpi melahirkan di tempat sampah sangat umum dialami ibu yang baru hamil pertama kali. Mimpi itu menunjukkan bahwa sampah mewakili berbagai masalah yang kita miliki di kehamilan pertama," kata Loewenberg.

Selain itu, ada lima mimpi aneh lain yang umum dialami ibu hamil, yaitu:

2. Memiliki perut tembus pandang

Loewenberg bilang mimpi perut tembus pandang disebabkan kita tidak sabar untuk melihat bayi. Meski mungkin Bunda sudah mengetahui jenis kelamin si kecil, memilih namanyax merasakan gerakannya, sekaligus membayangkan wajahnya mirip siapakah.

"Jadi saat imajinasi Anda liar, mimpi mengikuti," kata Loewenberg.

3. Berhubungan seks

Di awal kehamilan, bisa jadi Bunda mengalami morning sickness yang membuat kurang bergairah. Namun saat ini Bunda mulai bersahabat dengan kondisi tubuh yang baru. Sehingga, hal ini bisa tergambar dalam mimpi bercinta yang dialami.

4. Kehilangan bayi atau melupakannya

Loewenberg mengatakan mimpi ini memiliki arti kegelisahan yang umum dialami para ibu. Bunda dihadapkan pada kenyataan harus segera bertanggung jawab penuh atas manusia lain. Kalau soal kehilangan bayi, kata Loewenberg itu adalah ketakutan yang wajar dan umum terjadi.

Ilustrasi mimpi melahirkanIlustrasi mimpi melahirkan/ Foto: iStock
5. Merasa marah atau berkelahi

"Mimpi-mimpi ini cenderung terjadi pada trimester terakhir, ketika ibu mengalami kecemasan secara fisik dan mental. Ibu teringat kembali ketika bertengkar dengan pasangan dan terwujud dalam mimpi," tutur Loewenberg.

"Kita cenderung marah pada hal-hal yang biasanya tidak akan mengganggu atau gampang emosi ketika mood sedang enggak bagus," tambahnya.

Menurutnya mimpi-mimpi yang dialamiĀ ibu hamil membuatnya panas sehingga merasa aman mengekspresikan kemarahan di kepala kita di malam hari.

5. Meninggal

Loewenberg menyadari banyak wanita yang khawatir ketika memimpikan kematian. Namun, arti mimpi kematian itu mencerminkan tentang perubahan yakni melepaskan masa lalu sehingga Bunda dapat menyambut apa yang akan datang.

"Memimpikan kematian kita sendiri adalah cara pikiran bawah sadar membantu kita melepaskan diri lama. Sehingga, kita dapat lebih siap menghadapi kehidupan baru sebagai ibu," katanya.

Begitu juga dengan memimpikan kematian orang lain. Menurutnya, hal tersebut merupakan simbol dari perubahan dan akhir yang terjadi pada diri ibu dan orang yang mungkin diimpikan.



Mengenai mimpi aneh ketika hamil, psikolog yang juga peneliti mimpi, Patricia Garfield, PhD, pernah mengatakan mimpi bisa berhubungan dengan kondisi dan usia kehamilan, serta apa yang terjadi di tubuh saat itu. Ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormonal yang dapat memancing emosi, bahkan saat tidur. Alhasil, Bunda jadi lebih sering bermimpi.

"Perubahan kadar hormon membuat wanita hamil mengalami pesta mimpi. Selain itu, wanita hamil perlu lebih banyak tidur, dan semakin banyak tidur, semakin banyak kesempatan bermimpi," kata Garfield, penulis Creative Dreaming and co-founder of the Association for the Study of Dreams.

Bunda, ketahui juga sebab mengigau saat tidur di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi