kehamilan

Mimpi Juga Bisa Jadi Tanda Bunda Hamil Lho

Melly Febrida Senin, 22 Jul 2019 16:00 WIB
Mimpi Juga Bisa Jadi Tanda Bunda Hamil Lho
Jakarta - Setiap orang pasti pernah bermimpi ketika tidur. Tapi mimpi juga bisa menjadi tanda-tanda awal kehamilan, Bun. Banyak wanita yang mengaku mimpinya terlihat nyata, lebih jelas dan berwarna, kemudian dirinya diketahui hamil.

Ketika hamil usia satu bulan mungkin Bunda mengalami beberapa tanda kehamilan seperti terlambat menstruasi atau payudara terasa sakit. Nah, bukan enggak mungkin pula Bunda akan mengalami mimpi yang terlihat begitu nyata dan bahkan Bunda bisa mengingatnya.




"Ada banyak mimpi yang nyata dan diingat kembali ketika seorang wanita hamil daripada ketika bermimpi di waktu lain selama hidupnya," kata psikolog yang juga seorang peneliti mimpi, Patricia Garfield, PhD, mengutip Web MD.

Selain itu, wanita hamil cenderung lebih sering terbangun sepanjang malam dan mengalami beberapa fase tidur REM yang terganggu, yaitu saat mimpi terjadi. Jika terbangun selama tahap tidur REM atau hanya sesudahnya, Bunda lebih mungkin mengingat mimpi, membuatnya tampak lebih hidup, berwarna, dan nyata.

Menurut Garfield, mimpi ini bisa berhubungan dengan kondisi dan usia kehamilan, serta apa yang terjadi di tubuhnya saat itu. Lantas, mengapa hamil malah membuat orang jadi sering bermimpi?

Ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormonal yang dapat memancing emosi, bahkan saat tidur. Alhasil, Bunda jadi lebih sering bermimpi.

"Perubahan kadar hormon membuat wanita hamil mengalami pesta mimpi. Selain itu, wanita hamil perlu lebih banyak tidur, dan semakin banyak tidur, semakin banyak kesempatan bermimpi," kata Garfield, penulis Creative Dreaming and co-founder of the Association for the Study of Dreams.

Selain itu, ibu hamil lebih banyak bermimpi selama kehamilan karena mereka lebih cenderung mengingat mimpinya. Kata Garfield, 20 - 25 persen tidur terdiri dari mimpi. Nah, saat hamil wanita bisa mengingat lebih banyak dari persentase itu.

Garfield menjelaskan mengingat mimpi berhubungan dengan sesuatu yang baru, Bun. Misalnya, jika bayi bergerak di dalam rahim dan menyebabkan ibu terbangun, atau ibu hamil bangun karena sering ke toilet.

Ilustrasi mimpi jadi tanda hamilIlustrasi mimpi jadi tanda hamil/ Foto: iStock
Ini yang membuatnya lebih cenderung mengingat mimpi yang baru saja dia dapatkan dibanding bila dia tidur sepanjang malam. Dengan peningkatan daya ingat, ibu hamil dapat mengingat kejelasan, detail, dan warna mimpinya. Tapi apa arti mimpi-mimpi ini?

Menurut Garfield ada banyak jenis mimpi selama kehamilan. Namun, konten mimpi akan berubah ketika tubuh wanita berubah. Sehingga, mimpi yang dialami terkait dengan harapan dan ketakutan ibu.

Misalnya, di semester pertama ibu hamil sering bermimpi air dan kesuburan seperti taman, bunga, dan buah-buahan. Lalu ada mimpi air dan berenang yang dikaitkan dengan cairan ketuban.



Psikolog Karen Muller, PhD, mengatakan ketika hamil muda mimpi yang muncul seperti janin yang mengambang di air atau ikan di air. Meski sekilas terdengar seperti mitos, namun pengalaman merasakan mimpi aneh ternyata dianggap lumrah dalam kehamilan. Bahkan, banyak bunda di luar sana yang mulai mengalaminya sejak awal kehamilan mereka, seperti dirilis Journal of The American Board of Family Medicine, dikutip dari Romper.

"Tapi, jika Anda merasa tak nyaman dengan mimpi yang dialami, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter," ujar Muller.

Bunda sedang hamil? Cari inspirasi busana saat hamil agar tetap tampil stylish di video ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi